Rabu, 15 Jun 2016 08:04 WIB

Ini Dia Ragam Manfaat Meletakkan Tanaman di Dalam Ruangan Bagi Kesehatan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Tanaman hias dalam pot yang ada di rumah atau kantor Anda memang ditujukan untuk mempercantik ruangan. Namun tahukah Anda bahwa tanaman hias dalam pot juga memiliki manfaat bagi kesehatan?

Frances E. Kuo, profesor ilmu lingkungan dan sumber daya alam dari University of Illinois mengatakan tanaman hias memang tidak memiliki manfaat sebesar taman atau hutan di alam bebas. Meski begitu, ia mengatakan tanaman hias juga memiliki kegunaannya sendiri.

"Untuk mendapatkan manfaat dari alam, tentunya Anda harus keluar rumah. Namun sedikit banyak manfaat tersebut juga bisa didapat melalui tanaman hias yang ada di rumah," tuturnya.

Lalu, apa saja manfaat yang dimiliki oleh tanaman hias? Dikutip dari NY Times, berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: 5 Tumbuhan yang Bagus Dijadikan Pembersih Udara Rumah

1. Sedot polusi

Tanaman tidak hanya sebatas mengeluarkan oksigen dan mengisap karbon dioksida, penelitian yang dilakukan NASA tahun 1989 mengatakan tanaman hias juga menyedot unsur-unsur yang tergolong sebagai polutan yakni benzene, trichloroethylene dan formaldehyde.

Polutan ini disedot melalui akar, tanah, maupun bakteria yang ada disekitar tanaman. Sayangnya, penelitian yang sama juga menyebut tanaman rumah berisiko tinggi menyebabkan alergi.

2. Jarang sakit

Studi yang dilakukan di Norwegia pada tahun 1998 juga menyebut manfaat lain memiliki tanaman hias. Disebutkan dalam studi tersebut orang-orang yang memiliki tanaman hias dalam rumahnya akan lebih jarang mengalami demam, batuk, tenggorokan kering dan gatal-gatal.

3. Tingkatkan produktivitas

Studi gabungan antara Inggris dan Belanda menemukan manfaat lain tanaman hias di dalam ruangan kantor. Dalam studi tersebut, dikatakan ruangan kantor yang memiliki tanaman hias membuat karyawan lebih produktif, memiliki tingkat konsentrasi yang baik dan kepuasan kerja yang tinggi.

4. Redakan cemas

Studi lainnya menemukan manfaat tanaman hias bagi pasien-pasien di rumah sakit yang hendak melakukan operasi. Dalam studi tersebut disebutkan pasien operasi usus buntu berkurang rasa sakit, stres, lelah, cemas dan kekhawatirannya jika kamar ruang tunggunya memiliki tanaman hias.

5. Hilangkan stres

Terakhir, studi yang dilakukan oleh Society of American Florist menyebut lansia yang memiliki tanaman hias di rumahnya lebih panjang umur dan memiliki ingatan yang lebih. Hal ini terjadi karena mereka menghilangkan stres dan rasa kesepian dengan merawat tanaman.

Baca juga: Terungkap, Makan Kaktus Bisa Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Kanker

(mrs/vit)