Jumat, 24 Jun 2016 19:00 WIB

Tak Cuma Orang Dewasa, Radang Tenggorokan Juga Rentan Dialami Anak-anak

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Radang tenggorokan tak cuma bisa dialami oleh orang dewasa, tapi juga oleh anak-anak. Tak bisa sembarangan diberikan obat, lantas seperti apa pengobatan yang paling tepat diberikan?

Menurut dr Artono, SpTHT-KL(K), radang tenggorokan atau faringitis memang bisa terjadi pada semua usia. Tak jauh berbeda, tanda dan gejala yang muncul umumnya sama.

"Tanda dan gejala yang muncul biasanya pangkal tenggorokan memerah, demam, pembesaran kelenjar getah bening leher, serta yang paling mengganggu biasanya sakit saat menelan," tutur dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan yang praktik di RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik tersebut kepada detikHealth.

Baca juga: Makan Makanan Berminyak dan Pedas Picu Radang Tenggorokan? Ini Faktanya

Untuk anak-anak, sebaiknya memang tak langsung diberikan obat secara sembarangan, apalagi tanpa resep dari dokter. dr Artono lebih menganjurkan orang tua untuk melakukan terapi secara alami.

"Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya hanya memerlukan istirahat yang cukup dan asupan nutrisi yang baik, karena biasanya dapat sembuh sendiri atau self limiting disease," imbuh dr Artono.

Berikan anak waktu istirahat yang cukup dan perbanyak asupan cairan, terutama air putih, serta berikan makanan yang lunak. Sebaliknya, hindari memberikan makanan yang dapat mengiritasi tenggorokan seperti makanan berminyak, pedas, makanan lain yang terlalu dingin, terlalu panas, terlalu asam, serta buah-buahan bergetah seperti nanas, mangga, pepaya, rambutan dan nangka.

"Bila perlu diberikan obat symptomatis, yaitu obat penurun panas untuk meredakan demamnya atau obat batuk dan pilek bila disertai gejala batuk dan pilek. Bisa diberikan sesuai dengan anjuran di label obatnya. Tapi kalau memang tak juga cepat membaik, sebaiknya segera ke dokter," pesannya.

Baca juga: Sulit Menelan Saat Radang Tenggorokan, Pilih Asupan Seperti Ini (ajg/vit)