Senin, 04 Jul 2016 10:01 WIB

Ibu Hamil Mudik dengan Angkutan Umum? Pastikan Tidak Berdiri dan Tidak Jajan

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sama halnya dengan berpuasa, mudik, apalagi sampai harus menempuh perjalanan jauh, membutuhkan fisik yang benar-benar fit. Aspek ini tidak dimiliki ibu hamil.

Untuk itu diperlukan trik khusus agar ibu hamil tetap bisa nyaman saat melakukan perjalanan. Spesialis kandungan dan kebidanan dari RSUD Dr Soetomo, dr Hari Nugroho, SpOG berpesan, pastikan ibu hamil tidak berdiri, utamanya jika naik kendaraan umum.

"Kalau tidak dapat tempat, ngomong sama penumpang lain untuk duduk. Namun lebih bagus lagi untuk datang lebih awal agar bisa mencari tempat duduk," tuturnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

dr Hari beralasan, berdiri dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur pada si ibu hamil, sehingga tempat duduk menjadi aspek penting bagi ibu hamil saat mudik. Bahkan ia mengatakan, tak perlu sungkan untuk meminta prioritas terkait hal itu.

Baca juga: Ibu Hamil atau Menyusui Akan Mudik? Perhatikan Hal Berikut Terlebih Dahulu

Di sisi lain, bagaimana jika ibu hamil diajak mudik menggunakan kendaraan pribadi? Menurut dr Hari, yang terpenting jangan memilih kendaraan yang kurang nyaman, seperti naik motor.

"Apalagi kalau sampai enam jam misalkan, ini dapat membuat risiko tidak nyaman dan kecelakaan meningkat," paparnya.

Kedua, dr Hari mengingatkan agar ibu hamil yang mudik tidak jajan. Bukan dalam artian tidak boleh jajan sembarangan, melainkan karena biasanya saat mudik, ibu hamil seringkali kesulitan mencari makan di jalan, sehingga disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri.

"Sebenarnya kalau ada makanan di pinggir jalan nggak kenapa-kenapa. Yang penting itu ada makanan saat di kendaraan karena kebutuhan kalorinya tinggi," katanya.

Baca juga: Mudik Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui (lll/up)