ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Jul 2016 10:05 WIB

Kandungan dalam Buah Semangka Bisa Bantu Jaga Kesehatan Pembuluh Darah

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Buah semangka bukan hanya enak dan segar saat dimakan. Pakar mengatakan buah semangka juga memiliki manfaat bagi kesehatan pembuluh darah.

Penelope Perkins-Veazie, profesor di North Carolina State University, Raleigh, mengatakan buah semangka mengandung banyak vitamin A, C dan B. Selain itu, buah semangka juga tinggi kandungan potassium. Namun yang membuatnya istimewa adalah lycopene, zat antioksidan yang memiliki banyak manfaat.

"Studi membuktikan bahwa lycopene merupakan zat antioksidan yang memiliki manfaat untuk kesehatan pembuluh darah, termasuk mengurangi risiko stroke dan menurunkan tekanan darah," tutur Penelope, dikutip dari NY Times.

Baca juga: Beda Warna, Beda Pula Kandungan Nutrisi dari Buah dan Sayur Ini

Lycopene merupakan zat yang menyebabkan buah semangka memiliki warna merah. Zat ini juga bisa ditemukan di dalam buah dan sayuran merah lainnya seperti tomat atau delima. Namun menurut Penelope, kandungan lycopene paling banyak ditemukan pada semangka.

Penelitian kecil pada semangka dan tomat menunjukkan lycopene pada semangka lebih cepat diserap oleh tubuh. Di sisi lain, jus tomat membutuhkan waktu untuk diserap tubuh, kecuali dipanaskan terlebih dahulu.

Jennifer McDaniel, pakar nutrisi dari Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan semangka kurang populer karena dianggap tidak memiliki banyak serat. Meski hal tersebut benar, semangka memiliki manfaat lain untuk menutupi kekurangannya tersebut.

"Semangka tidak mengandung lemak sama sekali, banyak kandungan air dan sangat rendah kalori. Selain itu, kandungan gulanya lebih rendah daripada buah-buahan lain pada umumnya," tutur Jennifer.

Baca juga: Buah-buahan Ini Bisa Jadi Solusi Pas Buka Puasa Sehat

(mrs/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT