Selasa, 12 Jul 2016 20:10 WIB

Selain Pokemon Go, Ini 3 Game Lain yang Membuat Pemainnya Berkeringat

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi (Foto: GettyImages/Andreas Rentz) Ilustrasi (Foto: GettyImages/Andreas Rentz)
Jakarta - Awal Juli lalu sebuah permainan berbasis teknologi augmented reality, Pokemon Go, diluncurkan dan tampak melejit di antara para pengguna smartphone. Memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System), permainan mengharuskan penggunanya untuk berjalan kaki dalam misi mencari dan mengkoleksi monster digital yang tersebar di dunia nyata.

Seorang praktisi kesehatan, dr Fajar Pradhana Putra dari RSUD Prof Dr M.A Hanafiah juga mengomentari permainan tersebut sebagai sesuatu yang positif.

"Ada yang target jalan 10 kilometer ujung-ujungnya jadi olahraga juga ya. Positifnya ya gitu jadi lebih mendorong orang suka keluar. Yang tadinya jarang keluar jadi sering keluar, yang tadinya udah biasa keluar mungkin jadi ngajak teman-temannya supaya enggak mau kalah sama yang lain," kata dr Fajar kepada detikHealth.

Nah, dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut 3 game lain yang membuat pemain banjir keringat:

1. Dance Dance Revolution
Dance Dance Revolution (Foto: Getty Images)

Para penikmat game dansa tentunya sudah akrab dengan Dance Dance Revolution. Ya, game tipe arcade ini mengajak para pemain untuk meraih nilai tertinggi dalam pertandingan dansa.

Pertama kali dikenalkan pada tahun 1998, game besutan Konami ini dimainkan di atas panggung atau matras untuk versi konsol. Tujuannya adalah menyelaraskan tanda arah panah yang ada di layar dengan menginjak tanda panah serupa yang ada di bawah kaki pemain.

Seiring berkembangnya teknologi, game ini juga mengalami peningkatan. Salah satunya adalah penambahan mode olahraga (workout mode) di dalam game yang membuat pemain menghitung berapa kalori yang terbakar saat bermain.

2. Nintendo Wii Fit U
Nintendo Wii Fit U (Foto: Getty Images)

Wii Fit U merupakan salah satu game buatan Nintendo untuk konsol Nintendo Wii. Sudah ada tiga seri untuk judul game ini, Wii Fit dan Wii Fit Plus, dengan metode sama, yakni bermain game sembari berolahraga.

Beberapa fitur populer dari game Wii Fit U adalah papan keseimbangan dan sit-up. Berbeda dengan dance dance revolution yang mengharuskan pemain banyak bergerak, game di Wii Fit U tergolong intensitas rendah hingga sedang.

Studi yang dilakukan oleh Cynthia Putnam dan Jinghui Cheng dari DePaul University, Chicago, mengatakan penggunaan Wii Fit U sebagai metode fisioterapi dan rehabilitasi memiliki hasil yang memuaskan, terutama untuk mengembalikan fungsi keseimbangan, gerakan tubuh bagian atas serta koordinasi tangan dan otak.

3. Virtuix Omni VR Treadmill
Virtuix Omni VR Treadmill (Foto: Getty Images)

Teknologi virtual reality (VR) yang membuat gamer merasa berada di dunia lain saat ini sedang populer dikembangkan. Salah satu game yang menggunakannya adalah Virtuix Omni VR Treadmill.

Jika Pokemon Go menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dan GPS (Global Positioning System) untuk berjalan kaki dalam misi mencari dan mengkoleksi monster digital yang tersebar di dunia nyata, maka Virtuix Omni menggunakan teknologi VR dan treadmill untuk membuat pemain merasa berada di dalam dunia permainan.

Game ini sendiri masih dalam tahap pengembangan. Namun bisa dipastikan, berjalan kaki di atas treadmill mencari musuh tentu saja akan mengeluarkan keringat.

Baca juga: Ini Kata Dokter Soal 'Olahraga' dengan Pokemon (mrs/up)
News Feed