Rabu, 20 Jul 2016 07:04 WIB

Pada Wanita, Jerawat Lebih Mudah Muncul Gara-gara Stres

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Stres dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Selain itu, dampak stres juga bisa dirasakan tubuh. Seperti pada wanita, stres yang dialami bisa memicu timbulnya jerawat.

Menurut dr Anthony Bewley, konsultan dermatologis di Bart's Hospital Trust, London, terjadi perkembangan permulaan jerawat pada wanita yang mengalami stres. "Stres bukan hanya menunda penyembuhan luka, namun juga memproduksi minyak yang lebih pada kulit dan membatasi folikel rambut hingga menyebabkan timbulnya jerawat," jelas dr Bewley.

Dikutip dari Telegraph, dr Bewley menjelaskan bahwa eksim dan psoriasis atau kulit bersisik adalah kondisi yang berhubungan dengan stres.

"Otak berhubungan dengan saraf ke kulit saat mengalami stres. Saat stres Anda akan mengeluarkan zat kimia yang memengaruhi otak dan menyebabkan peradangan," sambung dr Bewley.

Baca juga: Muncul Jerawat di Wajah, Pesan Dokter: Jangan Dimanipulasi

Sedangkan, dilansir Livestrong dan Buzzle, tidur larut malam juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Ketika tidur larut malam artinya terjadi pengurangan jumlah waktu tidur yang dibutuhkan seseorang untuk peremajaan kulit.

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan stres, peningkatan peradangan dan depresi. Perubahan kerangka kerja mental dan emosional terjadi saat tidur larut malam hingga terjadilah depresi. Seperti diketahui, depresi bisa membentuk sikap negatif dalam pikiran seseorang dan menghambat ketentraman hidup.

Baca juga: Stress Ball Bisa Bantu Redakan Stres Seseorang, Benarkah? (rdn/fds)
News Feed