Rabu, 20 Jul 2016 10:04 WIB

4 Manfaat Kebiasaan Minum Air Dingin untuk Kesehatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Untuk mencegah dehidrasi sehari-hari, air putih adalah minuman yang paling disarankan oleh ahli kesehatan. Alasannya karena air putih dapat membantu menjaga kebutuhan cairan tubuh tanpa membawa aneka 'kandungan' ekstra dari minuman beraroma dan beraneka rasa yang beredar di pasaran.

Terkait kebiasaan minum air putih beberapa orang mungkin ada yang lebih memilih meminumnya dingin. Tidak ada yang salah dari hal tersebut karena malah pada beberapa kondisi ada manfaat yang bisa didapat.

Dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (20/7/2016), berikut manfaat dari meminum air dingin:



1. Redakan nyeri sariawan

Dengan mengonsumsi minuman dingin rasa nyeri yang timbul akibat sariawan dapat menjadi lebih ringan. Hal ini dikatakan oleh dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya sangat bagus diterapkan terutama untuk anak-anak yang rewel makan dan minum karena sariawannya.

"Dengan memberikan es atau minuman dingin, nyeri akibat sariawan bisa berkurang dan diharapkan ia mau makan," kata dr Meta.



2. Bantu bakar kalori

Menurut ahli gizi Leona Victoria Djajadi, MND, meminum cukup air putih baik dingin maupun hangat akan membantu penurunan berat badan dalam jangka panjang. Namun efek tersebut lebih besar pada air dingin.

"Sebenarnya air dingin lebih memberikan efek positif terhadap berat badan, karena untuk menyamakan suhu air di dalam lambung kita akan membakar kalori lebih banyak. Tapi efeknya sangat kecil," kata Leona.



3. Cegah heatstroke

Heatstroke dipicu oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengendalikan suhu yang terlalu tinggi. Biasanya hal ini terjadi apabila seseorang beraktivitas di bawah pengaruh cuaca terik dan alami dehidrasi.

Untuk mengatasi kondisi tersebut beberapa cara bisa dilakukan yang pada intinya bertujuan menurunkan suhu tubuh. Pada atlet ada teknik bernama 'precooling' lewat memakai rompi pendingin atau berisi cooling packs, berendam di air dingin, minum air dingin, es serut atau kombinasi keduanya.



4. Bantu atasi cegukan

Meski belum ada studi pasti yang dapat menjadi dasar, minum air dingin dipercaya dapat membantu meredakan masalah cegukan. Alasannya karena suhu air dingin dianggap bisa membuat rileks otot diafragma yang kejang pada cegukan.

Namun dr Unggul Budihusodo, Sp.PD, KGEH dari departemen penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengingatkan cara tersebut mungkin akan berbeda efektivitasnya untuk tiap orang. (fds/vit)