Senin, 25 Jul 2016 20:01 WIB

Agar Manfaat Sehat Jus Bisa Optimal, Perhatikan Hal Ini Saat Membuatnya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Jus buah merupakan salah satu minuman yang dianggap baik bagi kesehatan, karena merupakan sumber serat dan vitamin. Sayangnya beberapa kandungan di dalam jus sering hilang karena kesalahan proses pembuatan.

Oleh sebab itu, jika hobi mengonsumsi jus sebaiknya Anda paham betul mengenai cara yang tepat dalam memilih dan mengolah buah tersebut. Ini supaya manfaat yang didapat bisa maksimal dan tak ada kandungan nutrisinya yang hilang.

Seperti dikutip dari buku 'Terapi Jus: Cara Nikmat Hidup Sehat' yang ditulis oleh dr Nadjibah Yahya, Dipl. CIBTAC dan Rachma S. Sutrisno, MSi, langkah awal dalam menyiapkan jus yang sehat adalah memilih buah yang segar, matang dan belum lama disimpan. Buah segar umumnya memiliki cita rasa yang lebih lezat dan kandungan vitamin yang masih lengkap.

Baca juga: Beda Warna, Beda Pula Kandungan Nutrisi dari Buah dan Sayur Ini

"Setelah dicuci, pastikan buah dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam blender maupun juice extractor," ungkap penulis.

Jus buah sebaiknya juga langsung diminum setelah dibuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus buah akan kehilangan 40-6 persen kandungan enzim dan nutrisinya bila dibiarkan selama 10-20 menit. Jika terlalu lama, kandungan vitamin di dalam jus juga akan menguap karena proses oksidasi, terkena panas dan cahaya.

"Waktu minum jus terbaik adalah saat perut kosong, terutama di pagi hari setelah bangun tidur. Bila ingin minum jus sebelum makan, sebaiknya 30 menit sebelumnya. Namun hal ini harus diperhatikan ekstra bagi paga pengidap gangguan lambung," imbuh penulis.

Yang terpenting, hindari menambahkan sirup, susu kental manis, atau gula pasir, karena tambahan bahan tersebut hanya akan mengurangi khasiat dari buah dalam jus yang dibuat. Dalam pencernaan, gula pasir akan merusak zat-zat gizi bermanfaat, sehingga zat gizi tersebut tidak bisa dimanfaatkan tubuh secara optimal.

Baca juga: Tak Semua Makanan Vegetarian Rasanya Hambar, Bisa Kok Diakali


(ajg/vit)