Senin, 01 Agu 2016 08:03 WIB

Tenang! 4 Suara Aneh Ini Wajar Muncul dari Dalam Tubuh

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Setiap orang pasti pernah mendengar suara-suara aneh yang keluar dari tubuhnya, semisal suara lutut yang berbunyi 'klik' saat berjalan. Kedengarannya memang menakutkan, tetapi belum tentu berbahaya lho.

Suara semacam itu biasanya muncul karena alasan sepele. Pada waktu masih kecil, Anda mengalami beberapa kali terkilir, dan akibatnya ada udara yang kemudian 'terperangkap' di dalamnya. Meski demikian, udara ini akan terlepas dengan sendirinya bila kita berjalan dan menimbulkan suara tertentu.

Tetapi bukan hanya itu saja suara aneh yang bisa muncul dari dalam tubuh. Berikut 4 suara lainnya:

Baca juga: Wanita Bertelinga Super, Bisa Dengar Suara Organ Tubuh Sendiri

1. Lutut berbunyi 'krek'
Bagi sebagian orang, lututnya bisa saja berbunyi 'krek' tiap kali ditekuk, semisal saat berlutut. Menurut penelitian dari Georgia Institute of Technology, hal ini lumrah ditemukan pada lutut orang yang sehat sekalipun.

Namun bunyi lutut yang mengkhawatirkan adalah ketika disertai pembengkakan dan rasa sakit, atau bila bunyi 'krek'-nya juga terasa menyakitkan.

2. Gurgling atau suara mendeguk dari tenggorokan
Suara yang memalukan ini biasanya muncul di saat-saat yang tidak terduga, semisal saat berada di tengah banyak orang. Kondisi ini muncul karena seseorang makan terlalu cepat. Dan sama halnya dengan sendawa, pada saat ini tenggorokan berupaya mengeluarkan kelebihan udara dari dalam perut.

Kondisi ini normal, kecuali bila suara gurgling-nya muncul secara terus-menerus, ada baiknya diperiksakan ke dokter karena bisa jadi gejala GERD atau dispagia di mana Anda sulit menelan makanan.



3. Perut bergemuruh
Ada yang bilang ketika perut bergemuruh maka itu adalah pertanda yang bersangkutan sedang lapar. Namun suara gemuruh perut satu orang dengan lainnya bisa saja berbeda, kadang lirih kadang kencang.

Bahkan ada kalanya suara gemuruh perut seseorang akan terdengar lebih kencang saat berada dalam situasi tertekan atau stres. Sebab menurut pakar, stres mengakibatkan otot-otot perut berkontraksi yang kemudian memicu gemuruh di dalamnya.

4. Siulan dari hidung
Pada waktu-waktu tertentu, hidung akan mengeluarkan semacam suara siulan bernada tinggi. Ini pertanda hidung Anda tersumbat.

Namun Mayo Clinic menambahkan, siulan dari hidung juga bisa berarti masalah serius pada hidung seperti gangguan pada septum atau sekat antara kedua lubang hidung, terutama jika suara siulannya muncul terus-menerus.

(lll/vit)