ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2016 16:00 WIB

Malas Pakai Kacamata, Apakah Minus pada Mata Bisa Bertambah?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Malas menggunakan kacamata, sebagian orang yang memiliki mata minus berharap kondisinya bisa disembuhkan dengan mengonsumsi asupan tertentu atau dengan obat. Apakah kebiasaan ini bisa membuat minus justru semakin besar?

Menurut dokter spesialis mata dari RS Puri Indah Pondok Indah, dr Siti F.S Rahmadhani, SpM, sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar bisa mengurangi minus pada mata. Satu-satunya terapi yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan operasi lasik.

"Ya untuk saat ini tidak ada obat atau cara untuk menghilangan minus kecuali dengan melakukan operasi lasik. Bila punya minus harus selalu kontrol rutin minimal satu kali setahun," tutur dr Siti kepada detikHealth.

Baca juga: Mata Ibu Hamil Minus Tinggi, Harus Caesar Saat Melahirkan?

Ia juga mengingatkan pentingnya memakai kacamata dengan lensa yang sesuai dengan kondisi mata. Sebab jika tidak, hal ini tanpa disadari dapat menyebabkan bertambahnya minus pada mata.

"Kelainan mata minus ini tidak terjadi secara mendadak tetapi perlahan. Jika tidak cepat diatasi dengan memakai kacamata maka minus bisa makin tinggi. Tapi memang, tidak ada jaminan juga minus bisa berkurang atau tetap walaupun sudah pakai kacamata karena banyak faktor lain yang memengaruhi," imbuh dr Siti.

Lantas bagaimana dengan orang dengan mata minus yang malas memakai kacamata dan lebih memilih menggunakan lensa kontak? Menurut dr Siti, pemakaian benda ini sering menyebabkan iritasi, infeksi dan mata cenderung menjadi lebih kering.

"Kalau memang malas pakai kacamata dan tidak nyaman, hindari komplikasi tambahan akibat pemakaian lensa kontak dengan melakukan operasi lasik. Tapi konsultasikan dulu untuk diketahui kontraindikasinya," pesan dr Siti. (ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT