Kamis, 11 Agu 2016 17:10 WIB

Kata Dokter, Ini 3 Tipe Gangguan pada Pendengaran yang Perlu Diketahui

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Ada beberapa tipe gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, faktor-faktor risiko yang muncul pun bisa lebih mudah dijauhi. Nah, apa saja tipe-tipe gangguan tersebut?

dr Mahatma Sotya Bawono, SpTHT dari RS Akademik UGM Yogyakarta atau dr Bonnie menjelaskan bahwa ada tiga tipe gangguan pendengaran yaitu Conductive Hearing Loss (CHL), Sensorineural Hearing Loss (SNHL) dan Mixed Hearing Loss (MHL).

Conductive Hearing Loss (CHL) merupakan penurunan pendengaran yang disebabkan karena adanya gangguan pada fungsi tulang pendengaran. Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang mengalami otitis media (radang telinga tengah), perforasi membran timpani, dan kerusakan tulang pendengaran.

Baca juga: Telinga Tak Sengaja Kemasukan Air? Begini Cara Tepat Mengatasinya

Ditambahkan oleh dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik, dr Artono, SpTHT-KL(K), FICS, CHL merupakan gangguan di telinga luar atau tengah, yang kemudian menghambat terhantarnya bunyi. Pasien yang mengalami kondisi ini biasanya masih bisa mendengar suara, namun terdengar lebih lemah atau teredam.

Sementara itu, Sensorineural Hearing loss (SNHL) merupakan gangguan pendengaran akibat penurunan fungsi saraf pendengaran. dr Bonnie menyebutkan, kondisi ini bisa terjadi pada mereka yang mengalami kelainan genetik, kelainan kongenital misalnya akibat TORCH saat proses kehamilan dan penurunan pendengaran akibat penuaan.

"SNHL yaitu gangguan pendengaran sensorineural yang disebabkan oleh hilangnya atau rusaknya sel saraf (sel rambut) di dalam rumah siput. Biasanya gangguan ini bersifat permanen," imbuh dr Artono.

Mixed Hearing loss (MHL) merupakan gangguan kombinasi keduanya, di mana terjadi kerusakan di telinga luar atau tengah bersamaan dengan kerusakan pada telinga dalam.

Baca juga: Begini Lho Cara Tepat Mengatasi Jerawat di Telinga


(ajg/vit)