Minggu, 14 Agu 2016 09:31 WIB

Saran Dokter Bagi Mereka yang Terkena Kanker Paru

Martha HD - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Produksi cairan di paru pada pasien kanker paru bisa meningkat dan memicu sesak napas. Soal cairan di paru-paru ini, dokter punya pesan.

"Kondisi tersebut karena adanya rangsangan sehingga menghasilkan cairan yang berlebih. Bila dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan sesak napas," jelas dr Hariadi Hadibrata, SpBT KV dalam acara bulanan pertemuan CISC (Cancer Infomation and Support Center) di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/08/2016).

Walaupun belum tentu menyebabkan sesak napas, dr Hariadi menyarankan bagi pasien kanker paru untuk melakukan pencegahan. Salah satunya dengan rajin mengonsumsi makanan tinggi protein.

Baca juga: 30 Persen Kanker Paru Baru Terdeteksi 3 Bulan Sebelum Pasien Meninggal

"Khusus pasien paru, tidak ada pantangan makanan apapun. Namun untuk menghindari peningkatan cairan, pasien dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur atau daging ayam," lanjut dr Hariadi.

Perlu diketahui, kanker paru menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Hal ini karena tidak ada gejala awal dan baru diketahui saat sudah ganas.

"Karena memang tidak bergejala. Kadang ada yang batuk, tapi dianggap batuk karena rokok jadi tidak periksa. Makanya untuk mengetahui kanker atau tidak harus dengan pemeriksaan thoraks ke dokter spesialis paru," tutur dr Elisna Syahruddin, SpP(K), PhD, dari RS Persahabatan beberapa waktu lalu.

Untuk pencegahan sendiri, dr Elisna menyarankan agar rajin mengontrol kondisi paru. Hal ini karena tingginya polusi di Indonesia sehingga siapapun memiliki risiko mengalaminya.

Namun bagi mereka yang termasuk kelompok berisiko, pemeriksaan thorax wajib dilakukan minimal satu tahun sekali. Mereka yang termasuk dalam kelompok berisiko kanker paru antara lain perokok, tinggal dengan perokok aktif, pekerja tambang dan memiliki riwayat keluarga pengidap kanker.

Baca juga: Nyeri Hingga Perubahan Suara, Inilah Gejala Awal Kanker Paru-paru

(vit/vit)