Kamis, 18 Agu 2016 07:13 WIB

5 Hal yang Bisa Sebabkan Masalah Mulut Kering

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Air liur adalah pembersih serta penjaga kesehatan gigi dan gusi alami yang dimiliki mulut. Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari kondisi di mana rongga mulut terlalu kering karena bisa meningkatkan risiko untuk terjadinya masalah mulai dari bau mulut hingga karies gigi.

Untuk bisa mengatasi mulut kering ini maka perlu tahu dulu kira-kira apa yang bisa menjadi penyebabnya. Dikutip dari berbagai sumber, mulut kering diketahui bisa disebabkan oleh lima hal ini:

Baca juga: 5 Fakta Unik Air Liur: Mengandung Hormon dan Bantu Cegah Penyakit Mulut

1. Hormon

Kalau mulut kering karena seseorang sedang dehidrasi maka masih wajar. Namun pada beberapa kasus mulut kering bisa juga disebabkan oleh gangguan hormon dan biasanya terjadi pada wanita yang alami menopause.

Ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada wanita saat menopause bisa memicu lapisan liur di mulutnya untuk menjadi kering.

2. Masalah hidung

Pilek atau flu dapat membuat hidung tersumbat oleh ingus sehingga napas pun jadi sulit. Sebagai pilihan alternatif biasanya seseorang akan menggunakan mulutnya untuk bernapas.

Nah aksi ini yang membuat lebih banyak udara keluar masuk lewat mulut sehingga air liur akhirnya jadi menguap lebih cepat dan berujung pada mulut kering.

3. Obat decongestan

Kalau hidung yang tersumbat karena pilek itu sendiri mendorong mulut kering akibat napas yang dipaksa lewat mulut, maka obat peleganya juga bisa memberikan efek mulut kering yang sama.

Obat decongestan bekerja melegakan saluran napas atas dengan menciutkan pembuluh darah di membran lendir. Dampak dari hal ini adalah sirkulasi cairan ke seluruh rongga mulut juga menjadi kering bukan hanya untuk ingus saja tetapi juga air liur.

4. Asam lambung

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) juga bisa menyebabkan mulut kering.

Ketika asam lambung naik dari esofagus ke kerongkongan maka dapat terjadi iritasi dan inflamasi yang menyebabkan sensasi kering. Efeknya seseorang jadi lebih terdorong untuk menelan air liur untuk menghilangkan sensasi tersebut namun membuat mulutnya jadi lebih kering.

5. Terlalu banyak kopi

Mengonsumsi terlalu banyak minuman berkafein dapat berujung pada dehidrasi. Seperti diketahui pada dasarnya tubuh yang dehidrasi akan lebih sedikit memproduksi air liur sehingga mulut kering jadi tak terhindarkan.

Terlebih lagi senyawa bernama tannin yang diketahui ada pada kopi dan teh juga bisa menambah sensasi kering di mulut. (fds/vit)