Kamis, 18 Agu 2016 19:02 WIB

Simak Baik-baik, Hal-hal Ini Bisa Jadi Sumber Polusi Udara di Dalam Rumah

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto ilustrasi: Getty Images
Jakarta - Ketika berbicara soal polusi, kebanyakan orang akan langsung mengaitkan polusi udara dengan sumber yang berasal dari luar ruangan. Misalnya saja asap knalpot atau asap pabrik.

Namun, jangan lupakan bahwa sumber polusi udara juga bisa berasal dari dalam rumah. Ketika bernapas, jika udara yang dihirup kualitasnya tidak baik, maka akan berefek ke kesehatan. Meski memang, hidung memiliki mekanisme penyaringan sendiri, demikian diungkapkan dr Adelena Anwar SpTHT-KL.

Ia mengatakan, di dalam rumah banyak sekali hal-hal yang mengganggu kualitas udara. Misalnya saja ketika di kamar atau ruangan lain di dalam rumah, seseorang menggunakan kipas angin atau AC.

"Nah, berapa sering kita bersihin AC atau kipas angin? Kalau nggak rutin dibersihkan, akan berpengaruh pada kualitas udara yang masuk ke tubuh. Kipas angin atau AC berdebu terus debunya kepapar ke kita," kata dr Ade dalam Peluncuran Dyson Pure Cool Link di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Baca juga: Beda Ukuran, Beda Pula Dampak Zat Polutan Terhadap Kesehatan

Selain AC dan kipas angin, karpet lantai, sofa, dan karpet mobil yang jarang dibersihkan pun berpotensi menjadi sumber polusi udara. Terlebih jika memiliki binatang peilharaan, bulu-bulu anjing atau kucing juga bisa menjadi alergen bagi seseorang yang memiliki alergi.

Lantas, bagaimana dengan penggunaan air purifier? Menurut dr Ade, pada prinsipnya air purifier mensterilkan udara. Namun, partikel yang mampu disterilkan berbeda pada tiap air purifier. Namun, jika digunakan pada umumnya memang air purifier membantu mensterilkan udara.

"Memang susah ya menghindari debu. Tapi pinsipnya usahakan semaksimal mungkin tempat tidur, AC, kipas angin, dibersihkan dengan rutin. Jaga kondisi fisik, hindari alergen kalau memang punya alergi. Kalau anak sering pilek bersin pinggirin tuh mainannya yang numpuk, simpan di ruangan lain dulu. Buat bapak-bapak kalau suka numpuk buku di kasur juga pinggirin dulu," kata dr Ade.

Baca juga: 3 Cara yang Diyakini Bisa Tangkal Polusi Udara dalam Rumah (rdn/vit)