Selasa, 23 Agu 2016 11:33 WIB

Hewan-hewan 'Sakti' Ini Simpan Rahasia Menumbuhkan Organ yang Putus

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Axolotl di Australian Regenerative Medicine Institute, Monash University (Foto: Uyung/detikHealth)
Melbourne - Beberapa jenis hewan seperti zebrafish dan salamander meksiko punya kemampuan istimewa, yakni menumbuhkan organ yang hilang. Manusia bisa belajar banyak dari mereka.

Salamander meksiko atau Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah sejenis salamander aquatik yang bernapas dengan insang. Mirip karakter superhero 'Deadpool', hewan ini punya kemampuan istimewa memperbaiki jaringan tubuh yang rusah. Bahkan, bisa menumbuhkan lagi kaki yang diamputasi.

Para ilmuwan mempelajari kemampuan istimewa hewan ini untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Di antaranya untuk memperbaiki jaringan otak maupun sumsum tulang yang rusak akibat cedera. Juga untuk memperbaiki sel-sel hati dan otot jantung.

Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa rahasianya terletak pada makrofag, yakni salah satu komponen sistem pertahanan tubuh. Pada Axolotl, makrofag mengaktifkan mekanisme untuk memperbaiki diri saat tubuh mengirimkan sinyal inflamasi.

Axolotl di Australian Regenerative Medicine Institute, Monash University (Foto: Uyung/detikHealth)


Baca juga: Tengah Dikembangkan, Teknik Regenerasi Sel untuk Obati Sakit Jantung

Eksperimen di laboratorium membuktikan, mekanisme ini tidak berjalan ketika makrofag dikurangi atau dihilangkan sama sekali. Para ilmuwan berharap, suatu saat manusia bisa meniru kemampuan istimewa tersebut.

Axolotl bukan satu-satunya makhluk dengan kemampuan istimewa semacam itu. Zebrafish, sejenis ikan tropis yang hidup di air tawar juga bisa melakukannya. Selain bisa menumbuhkan lagi sirip yang patah, ikan ini bahkan juga bisa menumbuhkan lagi jaringan di jantungnya.



Baca juga: Sekelompok Ilmuwan Kembangkan Cara untuk 'Bangkit' dari Kematian

(up/vit)