Kamis, 22 Sep 2016 11:03 WIB

Bincang Sehat

Video: Awas, Bobot Ideal Bukan Berarti Bebas Kolesterol

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: 20detik
Jakarta - Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, terutama pada orang-orang dengan berat badan berlebih. Tapi jangan salah lho, kolesterol tinggi juga bisa menyerang orang-orang dengan bobot ideal.

"Kolesterol itu tergantung dari apa yang kamu makan. Bagaimana pola hidup kamu, olahraga teratur atau tidak, merokok atau tidak, mengonsumsi alkohol atau tidak?" jelas seorang praktisi kesehatan, dr Nadia Octavia dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

Menurut dr Nadia, kolesterol tinggi juga rawan dialami orang-orang dengan riwayat penyakit tertentu pada keluarganya. Misalnya, saudara atau kerabatnya ada yang mengidap penyakit jantung. Pada kondisi seperti itu, kolesterol tinggi bisa saja menyerang meski berat badan tidak berlebih.

Apa perlunya mengetahui tinggi rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh? Menurut dr Nadia, kolesterol tinggi berisiko memicu penyumbatan pembuluh darah. Jika penyumbatan terjadi di jantung, maka risikonya adalah serangan jantung. Sedangkan jika terjadi di otak, maka seseorang bisa terserang stroke.

Lalu bagaimana caranya mencegah kolesterol tinggi? Dalam video Bincang Sehat berikut ini, dokter cantik Nadia Octavia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar kolesterol.


Baca juga: Perut Melilit-lilit, Sakit Mag Bukan Sih? Dokter Cantik Ini Akan Menjawabnya (up/vit)