Senin, 03 Okt 2016 09:41 WIB

5 Hal yang Bisa Membantu Ketika Anggota Keluarga Berniat Berhenti Merokok

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Berhenti merokok merupakan hal yang sulit dilakukan. Sebabnya, rokok mengandung zat adiktif yang membuat perokok kecanduan dan mengalami gejala putus obat ketika berhenti.

Namun bukan berarti perokok tidak bisa berhenti merokok. Ketika perokok memutuskan untuk berhenti, dukungan keluarga dan lingkungan sekitar sangat penting agar mantan perokok mampu melalui gejala putus obat tanpa risiko untuk kembali merokok.

Lalu, apa yang bisa dilakukan anggota keluarga atau pasangan ketika ada yang berniat berhenti merokok? Dirangkum dari berbagi sumber, berikut 5 di antaranya:

Baca juga: Belasan Tahun Jadi Perokok Berat, Begini Kisah Bupati yang Kini Stop Ngebul

1. Bersihkan rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat proses berhenti merokok berhasil adalah membersihkan rumah dari segala atribut berbau rokok seperti korek api, asbak serta bungkus rokok.

2. Sabar

Gejala putus obat akan muncul dalam 1-2 minggu pertama setelah berhenti merokok. Biasanya, mantan perokok akan menjadi sensitif dan mudah marah. Karena itu anggota keluarga harus bersabar dan tidak malah menyerah.

3. Beri apresiasi

Memberikan apresiasi berupa pujian dan penghargaan pada keluarga atau pasangan yang sedang berusaha berhenti merokok akan meningkatkan rasa percaya dirinya. Hal ini membuat peluang sukses lebih besar.

4. Dengarkan ceritanya

Selain mudah marah dan sensitif, biasanya perokok yang sedang berusaha berhenti akan lebih mudah galau. Di saat seperti ini, Anda harus setia berada di sampingnya dan mendengarkan ceritanya.

5. Cari aktivitas bersama

Untuk mensukseskan program berhenti merokok, jangan biarkan perokok yang sedang berhenti untuk menganggur. Cari aktivitas atau hobi yang bisa dilakukan bersama seperti bersepeda, main sepakbola dan sebagainya.

Baca juga: Studi: Hadiah Uang Bisa Bantu Keberhasilan Berhenti Merokok (mrs/vit)
News Feed