Kamis, 06 Okt 2016 20:01 WIB

Cinemathoscope

Finding Dory, Kisah Ikan Amnesia yang Mencari Orang Tuanya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: poster Finding Dory
Jakarta - Sosok Dory dikenal luas setelah film animasi Finding Nemo menyedot perhatian dunia di tahun 2003. Meski Dory bukan pemeran utama, namun tingkahnya mampu mencuri perhatian karena ia adalah seorang ikan yang pelupa.

Bahkan saking populernya Dory, ia pun dibuatkan film tersendiri dengan judul Finding Dory. Sebenarnya yang hilang kali ini bukan Dory, namun dari film ini penonton akhirnya tahu bahwasanya Dory adalah 'long lost child' alias anak yang lama hilang, dan sebagian diakibatkan oleh amnesia yang dideritanya.

Kisah Dory dimulai saat dirinya masih kecil. Saat itu ia sedang menghabiskan waktu bersama kedua orang tuanya, salah satunya dengan bermain petak umpet. Namun Dory kecil sudah memperlihatkan gejala amnesia, sebab ketika diminta berhitung, ia hanya bisa sampai di angka 4, dan setelah itu perhatiannya langsung teralihkan ke hal lain.

Rupanya sejak kecil Dory sudah tahu jika dirinya mengalami masalah dengan ingatannya. Oleh orang tuanya, ia diajari agar bila bertemu orang asing dan mempertanyakan kondisinya, maka ia akan menjawab 'saya mengidap short-term memory loss'.

Meski demikian, kedua orang tuanya tak pernah mempermasalahkan hal itu di depan sang buah hati. Mereka hanya mewanti-wanti agar Dory kecil tidak terseret arus dan terpisah dari mereka.

Hanya saja, dengan amnesia dan kepolosan Dory kecil, ketakutan itu terjadi juga. Tiba-tiba saja ikan jenis blue tangs ini ditemukan dalam perairan yang lebih gelap, dan sejak saat itu ia hidup luntang-lantung di sana. Belakangan ketahuan jika Dory terseret arus karena ingin mencarikan kerang ungu favorit sang ibu.

Sehari-hari ia menghabiskan waktu untuk mencari keluarganya dengan cara bertanya kepada ikan-ikan yang dijumpainya di jalan. Tentu saja Dory tak menemukan jawabannya karena ia tak bisa mengingat detail tentang mereka. Hingga suatu ketika Dory yang sudah dewasa bertabrakan dengan Marlin, ayah Nemo dan dimulailah petualangan mereka untuk menyelamatkan Nemo. Sejak saat itu Marlin dan Nemo adalah satu-satunya keluarga Dory.

Lalu bagaimana Dory bisa tiba-tiba ingat keluarganya? Karena suatu kesalahpahaman, suatu saat Dory menjadi asisten mengajar di kelas Mr Ray, seekor ikan pari. Hari itu Mr Ray akan mengajak kelasnya untuk melihat migrasi ikan pari, dan mereka sempat terlibat dalam suatu diskusi. Ketika itu Dory ditanya oleh salah seekor ikan yang ada di kelas tentang dimana Dory dibesarkan. Dengan wajah murung, Dory menjawab tidak tahu karena ia mengidap short-term memory loss.

"Bagaimana kau bisa ingat keluargamu jika kau mengalami short-term memory loss?" tanya ikan itu lagi. Dory kemudian menjawab, ia hanya bisa mengingat sesuatu yang menurutnya masuk akal seperti soal keluarga. Ini karena ia meyakini semua orang pasti memiliki keluarga, hanya saja ia tidak mengingatnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3