Video: Perlu Tahu Nih! Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Mencegah Kebotakan

ADVERTISEMENT

Bincang Sehat

Video: Perlu Tahu Nih! Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Mencegah Kebotakan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2016 10:36 WIB
Foto: 20detik
Jakarta - Kerontokan rambut yang parah, jika dibiarkan bisa berujung pada kebotakan. Faktor penyebabnya bisa berbeda antara laki-laki dan perempuan, tapi sama-sama bisa dicegah kok.

Pada pria misalnya, kerontokan rambut dan kebotakan paling sering disebabkan oleh faktor hormonal. Kondisi yang disebut sebagai alopecia androgen tersebut dipicu oleh peningkatan salah satu jenis hormon seks yakni dihidrotestosteron atau DHT.

"Hormon ini (DHT) bisa juga ditemukan pada perempuan, tetapi pada laki-laki kadarnya lebih tinggi," kata dokter cantik Nadia Octavia, dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Perut Melilit-lilit, Sakit Mag Bukan Sih? Dokter Cantik Ini Akan Menjawabnya

Sementara itu pada perempuan, kerontokan juga bisa disebabkan oleh manipulasi rambut yang berlebihan. Misalnya terlalu sering mengeriting rambut, menggunakan pengering rambut, hingga menggunakan bahan-bahan kimia yang merusak struktur akar rambut.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar kerontokan rambut tidak semakin parah sehingga terjadi kebotakan? Beberapa tips dan saran dari dr Nadia Octavia bisa disimak dalam video Bincang Sehat berikut ini:

Baca juga: Video: Awas, Bobot Ideal Bukan Berarti Bebas Kolesterol (up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT