Jumat, 14 Okt 2016 09:02 WIB

Selain Bikin Rumah Asri, Berkebun Juga Bermanfaat bagi Kesehatan Lansia

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - bisa menjadikan halaman tampak lebih asri. Nah, studi baru yang dilakukan peneliti di Konkuk University dan Chungnam National University, Korea Selatan menemukan bahwa berkebun memiliki manfaat fisik maupun psikologi bagi wanita lanjut usia.

"Banyak orang tua yang menghabiskan 80 persen waktunya tanpa kegiatan. Jadi pergi keluar dan berkebun bisa menjadi hal positif yang bisa mengubah sebuah kegiatan," tutur peneliti dikutip dari Medical Daily.

Penelitian ini melibatkan 50 wanita lanjut usia pada dua pusat komunitas senior yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A sebanyak 24 wanita lanjut usia yang diminta berkebun dua kali dalam seminggu (50 menit per sesi). Kemudian, kelompok B dengan 26 wanita lanjut usia lainnya tidak melakukan kegiatan apapun.

Dari studi, peneliti melihat parameter kesehatan fisik seperti komposisi tubuh, kemampuan fungsional fisik, dan kemampuan fungsi tangan. Peneliti juga memeriksa kesehatan psikologis partisipan seperti kemampuan kognitif, depresi, dan sosialisasi.

Baca juga: Yuk Berkebun Lingkungan Jadi Asri dan Kesehatan Mental Terjaga

"Pada kelompok A wanita lanjut usia mengalami peningkatan massa otot, daya tahan aerobik, ketangkasan tangan, kemampuan kognitif dan penurunan lingkar pinggang. Sedangkan pada kelompok B wanita usia lanjut mengalami penurunan massa otot, kelincahan dan peningkatan depresi," sambung peneliti.

Dalam laporannya di jurnal Hort Technology, peneliti menyimpulkan berkebun bisa meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis wanita lanjut usia. "Apalagi kepuasan dalam berkebun sebagai aktivitas fisik di waktu luang pada wanita lanjut usia sangat tinggi," imbuh peneliti.

Baca juga: Berkebun Bisa Kurangi Risiko Obesitas Lho (rdn/vit)