Minggu, 16 Okt 2016 10:17 WIB

Sering Kejang dan Sakit Kepala? Cek Segera, Mungkin Ada Varises di Otak

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Dokter menyarankan untuk sering-sering brain check up, terutama jika punya keluhan seperti sering kejang dan sakit kepala tak tertahankan bisa menunjukkan ada masalah di otak, misalnya AVM (Arteriovenous Malformations).

"Sederhananya, AVM itu pembuluh darah di otak yang bergerombol seperti cacing dan mudah pecah. Semacam varises, tapi di kepala," kata Prof dr Eka J Wahjoepramono, PhD, Kepala Pusat Neurosains RS Siloam ditemui usai kuliah umum The Amazing Human brain and The Potential Catasthrope di Karawaci, Tangerang, Sabtu (15/10/2016).

AVM merupakan kelainan bawaan yang tidak diketahui pasti penyebabnya, dan kadang tidak disertai gejala. Dalam beberapa kasus, AVM ditemukan secara kebetulan saat melakukan brain check up dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

Pecahnya pembuluh darah pada AVM bisa memicu stroke, yang kalaupun tidak mematikan tetap bisa memicu kecacatan permanen. Untungnya, AVM bisa diatasi dengan operasi jika terdeteksi sebelum mengalami pecah.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Varises Otak, Penyebab Kematian Presenter Egidia

Sayangnya, kesadaran untuk melakukan brain check up dinilai masih rendah. Selain karena faktor biaya yang relatif tidak murah, juga karena kurangnya informasi tentang berbagai penyakit maupun kelainan pada otak dan sistem saraf pusat.

"Kalau mahal saya rasa nggak ya. Kalau dibandingkan, chek up jantung berapa sih? Saya pikir lebih karena kurang sosialisasi," kata Prof Eka.

Baca juga: Orgasme Otak, Merasa Puas Meski Hanya Mendengar atau Melihat Sesuatu (up/vit)