Senin, 17 Okt 2016 11:32 WIB

Kata Pakar, Ini Waktu Terbaik Minum Susu Agar Manfaatnya Maksimal

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Susu dikenal sebagai salah satu sumber kalsium yang sangat baik. Nah, agar penyerapannya dalam tubuh bisa maksimal, ada waktu tertentu untuk minum susu yang dianjurkan oleh pakar.

Seperti diungkapkan oleh pakar gizi Leona Victoria Djajadi, MND, waktu terbaik untuk minum susu adalah malam hari sebelum tidur.

"Ini karena saat tidur, tubuh kita melepaskan growth hormone sehingga kalsium yang masuk dapat digunakan maksimal untuk pertumbuhan," tutur Victoria.

Baca juga: Agar Bayi Tak Sering Gumoh, Begini Cara yang Disarankan Ahli

Sebaliknya, Victoria menyebutkan tidak ada waktu yang tidak tepat untuk mengonsumsi susu. Susu hampir bisa dikonsumsi kapan saja. "Mungkin saat yang paling tidak tepat untuk minum (apapun) adalah saat tidur pulas karena bisa menyebabkan dry drowning," imbuhnya.

Khusus bagi anak-anak, hindari memberikan susu mendekati waktu makannya. Sebab susu memiliki sifat mengenyangkan sehingga bisa membuat anak ogah makan. Demikian disampaikan oleh pakar gizi medik dari Universitas Indonesia, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc.

Dokter yang akrab disapa dr Tati ini juga menjelaskan bahwa susu juga tidak harus dikonsumsi dengan cara diminum, namun bisa juga dicampur dalam makanan anak. Misalnya dicampurkan dalam sup atau puding.

"Pemberian susu bisa diberikan 2-3 kali dalam sehari, tapi itu tadi jangan dekat-dekat jam makan anak. Salah satu waktu pemberian susu, bisa saat mau tidur," pesan dr Tati.

Baca juga: Anak Ogah Makan? Kata Dokter, Jangan Buru-buru Beri Penambah Nafsu Makan

(ajg/up)