Kamis, 20 Okt 2016 19:06 WIB

Apa itu Uban dan Dari Mana Datangnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kemunculan rambut berwarna putih atau uban di kepala dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang apalagi bila usianya masih tergolong muda. Hal ini karena di masyarakat uban identik dengan citra kakek-nenek di masa senja.

Tapi tahukah Anda pada kenyataannya uban pada beberapa orang memang dapat tumbuh lebih dini. Ahli dermatologi Profesor Rodney Sinclair dari University of Melbourne mengatakan hal ini lebih berkaitan dengan genetik.

Ada kelompok orang yang di usia 30-an sudah mulai beruban namun ada juga orang yang di usia 60-70 rambutnya masih hitam berkilat.

Baca juga: Benarkah Stres Bikin Rambut Ubanan?

"Genetik adalah faktor penting. Hanya saja kita tak tahu, belum mengidentifikasi gen apa yang mengkontrol hal ini dan mekanisme di baliknya. Yang jelas kecenderungan untuk beruban dapat diwariskan," kata Prof Rodney seperti dikutip dari ABC Australia, Kamis (20/10/2016).

Prof Rodney menjelaskan uban sendiri sebetulnya adalah rambut yang tidak memiliki pigmen warna. Ketika uban tumbuh panjang dan memantulkan sinar matahari maka kita melihatnya seperti berwarna putih atau abu-abu.

Uban muncul karena sel melanocytes yang menghasilkan pigmen perlahan-lahan seiring berjalannya waktu kehabisan 'bahan bakar'. Tidak hanya manusia saja hewan seperti simpanse, kucing, anjing, bahkan kuda juga bisa beruban karena ini merupakan suatu proses alami.

Bila memang seseorang merasa tak percaya diri dengan uban maka ia bisa mengecat rambutnya atau bisa juga mencoba beberapa krim obat yang memang dapat melawan uban.

"Sebenarnya ada beberapa obat di pasaran yang dapat memengaruhi mekanisme kemunculan uban," pungkas Prof Rodney.

Baca juga: Tak Ingin Cepat Ubanan? Lakukan Hal Ini (fds/up)