Senin, 31 Okt 2016 17:08 WIB

Ini Risikonya Jika Terlalu 'Maksa' Saat Olahraga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Olahraga untuk sehat tentu berbeda dengan olahraga untuk kompetisi. Ada ukuran tertentu dalam berolahraga untuk sehat, yang kalau dilanggar justru bisa jadi penyakit.

"Olahraga yang terlalu berat bisa menekan sistem imunitas tubuh," kata dr Michael Triangto, SpKO dalam temu media di Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Jl Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (31/10/2016).

Pada kondisi tertentu, sistem imun yang tertekan bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit. Rutinitas olahraga pada akhirnya malah terganggu ketika seseorang jatuh sakit.

Baca juga: Ini yang Dialami Tubuh Saat Lama Absen Olahraga

Berat tidaknya intensitas olahraga bisa dilihat dari denyut jantung atau heart rate. Olahraga untuk sehat, menurut dr Michael sebaiknya berada pada rentang 65-90 pesen dari denyut jantung maksimal. Denyut jantung maksimal didapat dari rumus 220 dikurangi usia (dalam tahun), dan dinyatakan dalam beat per minutes (bpm).

Frekuensi olahraga juga perlu diperhatikan agar manfaat yang didapat bisa lebih maksimal. Menurut dr Michael, olahraga sebanyak 3-5 kali seminggu sudah cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan recovery atau pemulihan usai berolahraga.

Baca juga: Penelitian Buktikan Olahraga Memang Harus Fun Agar Efeknya Maksimal (up/vit)