Sabtu, 12 Nov 2016 08:56 WIB

5 Pesan Menkes di Hari Kesehatan Nasional Agar Masyarakat Sehat dan Kuat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Menkes Nila (Foto: Aditya Mardiastuti)
Jakarta - Tahukah Kamu 12 November merupakan Hari Kesehatan Nasional? Nah, di 2016 ini merupakan Hari Kesehatan Nasional ke-52. Agar masyarakat sehat dan kuat, Menkes Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) punya 5 pesan penting. Yuk simak!

"Ayo hidup sehat. 1) Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari; 2) Konsumsi sayur dan buah setiap hari; 3) Makanlah makanan yang bergizi seimbang; 4) Jagalah kebersihan lingkungan, serta 5) Cek kesehatan secara rutin mengontrol tekanan darah, gula darah, serta kolesterol yang ada di tubuh kita," pesan Menkes dalam pesan tertulis yang diterima detikHealth, Sabtu (12/11/2016).

Tema peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 ini adalah 'Indonesia Cinta Sehat' dengan sub tema 'Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat'. Kemenkes berpesan tema ini harus dimaknai secara luas, seiring dengan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Baca juga: Ini Lho Upaya Gunungkidul Tingkatkan Kualitas Kesehatan Meski Minim Sarana

Menkes Nila juga mengingatkan bahwa kesehatan merupakan harta paling berharga bagi seseorang. Karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan dengan baik. Jangan sampai baru menyadari arti penting kesehatan saat penyakit datang mengancam.

Upaya promotif dan preventif diniai jauh lebih baik ketimbang kuratif dan rehabilitatif. Selain melakukan perilaku hidup sehat, masyarakat juga diminta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional (JKN).

Nah, pembaca detikHealth, sudahkah Anda mulai hari ini dengan menerapkan gaya hidup sehat? Yuk berbagi kisah di kolom komentar.

Baca juga: Makan Daun Singkong Bikin Hipertensi, Masa Sih?

(vit/vit)