Selasa, 15 Nov 2016 12:58 WIB

Bincang Sehat

Video: Bibir Menghitam Karena Rokok, Bisakah Dicerahkan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: 20detik Foto: 20detik
Jakarta - Warna bibir begitu beragam, ada yang merah merona dan ada pula yang agak kehitaman. Ada banyak faktor yang menentukan perbedaan warna bibir tersebut.

Praktisi kesehatan dr Shella Pratiwi dalam perbincangan dengan detikHealth menjelaskan, warna bibir antara lain ditentukan oleh kondisi pembuluh darah kapiler di lapisan bibir yang disebut vermilion. Pembuluh darah yang menyempit di lapisan ini membuat bibir berwarna lebih gelap.

Video: Bibir Menghitam Karena Rokok, Bisakah Dicerahkan?Foto: 20detik
Selain itu, faktor genetik juga bisa berpengaruh. Selain turut menentukan kondisi pembuluh darah, faktor genetik juga berpengaruh pada kondisi pigmentasi kulit terutama di bibir. Pigmen yang dimaksud adalah melanin.

Kaitannya dengan kesehatan, kebiasaan merokok juga bisa membuat warna bibir menjadi kehitaman. Racun nikotin dan tar yang ada pada asap rokok memicu penyempitan pembuluh darah di lapisan bibir, selain juga di organ-organ penting lainnya seperti jantung dan otak.

Video: Bibir Menghitam Karena Rokok, Bisakah Dicerahkan?Foto: 20detik

Baca juga: Keadaan Bibir Seperti Ini Bisa Cerminkan Kondisi Tubuh Seseorang

Jika warna bibir menjadi lebih gelap karena faktor lingkungan, maka ada banyak cara membuatnya tampak lebih cerah. Misalnya dengan menjaga pola hidup yang sehat, mengatur pola makan, dan menggunakan pelembab yang mengandung gliserin.

Namun jika kulit bibir menghitam karena faktor genetik, maka akan lebih sulit untuk dicerahkan. Menurut dr Shella, yang bisa dilakukan adalah menjaga kesehatan bibir itu sendiri.

"Yang terpenting adalah menjaga kesehatan bibir itu sendiri. Jaga agar lembab, tidak terkelupas, juga tidak kering," kata dr Shella.

Mau tahu lebih banyak tentang warna bibir? Simak dalam video Bincang Sehat berikut ini:

:

Baca juga: Basahi Kulit Pakai Ludah, Bibir Kering Malah Bisa Jadi Tambah Parah

(up/vit)
News Feed