Selasa, 15 Nov 2016 15:30 WIB

Dukung Germas, Ini Aneka Kegiatan Sehat yang Dilakukan Kulonprogo

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: Dok Bagian IT dan Humas Pemkab Kulonprogo
Jakarta - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dicanangkan 15 November 2016 ini di sejumlah titik. Kabupaten Kulonprogro sangat mendukung gerakan ini.

Karena bupatinya seorang dokter, tidak heran jika Kulonprogo sangat memperhatikan isu-isu kesehatan. Seperti apa dukungan Kulonprogo pada Germas?

"Kalau di tempat saya (Kulon Progo) menerapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan untuk anak sekolah menengah pertama (SMP) melakukan tanda tangan bersedia untuk tidak merokok. Ini gerakan-gerakan untuk menciptakan kesehatan lingkungan yang baik," tutur Bupati Kulon Progo, dr Hasto Wardoyo, SpOG.

Lebih lanjut dr Hasto yang juga seorang dokter spesialis kandungan menjelaskan, dilakukan pula gerakan lain seperti pemberian satu ekor kambing untuk laki-laki yang mau melakukan vasektomi. Hal tersebut diakui dr Hasto meningkatkan pemeriksaan sebesar 400 persen.

"Kalau cari laki-laki yang mau melakukan vasektomi itu sulit. Dulu dalam setahun, satu kabupaten cuma dapat 26 orang tapi begitu diberikan kambing meledak menjadi 200-300 orang," tuturnya kepada detikHealth ditemui di acara BRAND'S Health award 2016 di Ruang Ramayana Hotel Indonesia Kempinski, Jl M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, (15/11/2016).

Baca juga: Soal Penyakit Tidak Menular, Menkes Singgung Kurangnya Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk rencana selanjutnya, dr Hasto mengatakan akan lebih berfokus pada kesehatan rujukan. Pemerintah daerah pun juga telah mendatangkan dokter spesialis guna memudahkan akses rujukan masyarakat Kulonprogo.

"Tiga bulan dan enam bulan lalu sudah kami datangkan dokter ahli jantung dan dokter ahli dokter bedah tulang. Sekarang dokter ahli bius, ahli bedah mulut, dan dokter pencernaan kami datangkan semua ke Kulonprogo," imbuh dr Hasto.

"Jadi kemarin kami bekerja pada keperluan dasar, tapi sekarang kami berfokus pada pelayanan untuk rujukan. Sementara untuk acara yang di bantul saya belum dengar ya karena baru hari ini," imbuh dr Hasto.

Baca juga: 5 Pesan Menkes di Hari Kesehatan Nasional Agar Masyarakat Sehat dan Kuat

#DukungGERMAS sempat menjadi trending topic di Twitter pada Selasa pagi tadi. Kemenkes menjelaskan Germas merupakan gerakan seluruh komponen bangsa secara bersama-sama memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan dalam berperilaku sehat agar kualitas hidup meningkat. (vit/vit)