Minggu, 20 Nov 2016 13:01 WIB

Mengulik Kandungan Gizi Ikan Nike yang Banyak Ditemui di Sulawesi Utara

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Radian/detikHealth
Jakarta - Nike merupakan salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di Sulawesi Utara (Sulut), terutama Tondano. Lalu, apa saja sih kandungan gizi ikan yang mirip dengan ikan teri ini?

Dalam keadaan segar, sebagian besar kandungan ikan nike yakni air sekitar 70 persen dan protein 16 persen. Demikian disampaikan Prof Ir Ahmad Sulaeman PhD dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Selain itu, ikan nike juga mengandung kalsium, fosfor, yang bagus untuk pertumbuhan. Ada zinc juga kemudian zat besi. Kandungan kalsiumnya juga tinggi," kata Prof Ahmad ditemui di sela-sela 'Jelajah Gizi Bersama Sari Husada' di Minahasa, Sulawesi Utara, baru-baru ini.

Baca juga: Tersedia Banyak Jajanan, Terapkan 'Aturan' Ini Agar Tak Asup Kalori Berlebih

Mengutip beberapa studi, Prof Ahmad mengatakan ikan nike juga mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang berperan penting untuk perkembangan otak bayi. Lalu, ada pula ARA (asam arakidonat) serta EPA (Acid Eikosapentaenoat) yang merupakan polyunsaturated fatty acid yang baik untuk perkembangan janin.

"Ikan juga mengandung DHA tinggi sehingga konsumsi 600 gram ikan per minggu disarankan karena bisa membantu mencegah depresi pada ibu saat hamil dan melahirkan. Pada ikan nike ini, karena ikan air danau jadi kandungan garamnya nggak terlalu tinggi ya," kata Prof Ahmad.

Lalu, bagaimana cara mengolah ikan nike yang disarankan agar kandungan gizinya tak banyak berkurang? Menurut Prof Ahmad, proses masaknya jangan terlalu lama. Jika dibuat perkedel yakni dicampur tepung dan digoreng tak masalah. Namun, jika dipepes akan lebih baik.

Baca juga: Di Desa Ini, Warga Patungan Sumbang Beras untuk Keluarga Tidak Mampu

(rdn/up)