Jumat, 25 Nov 2016 19:19 WIB

Pesan Menkes pada Peserta Nusantara Sehat: Harus Mampu jadi Ujung Tombak

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: M Reza Sulaiman Foto: M Reza Sulaiman
Jakarta - Menkes Nila Moeloek melantik peserta program Nusantara Sehat batch 5 hari ini. Dalam sambutannya, Menkes berpesan agar tim Nusantara Sehat mampu jadi ujung tombak pelayanan kesehatan di daerah terpencil.

"Tenaga kesehatan yang berada di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan. Apalagi di daerah karena akses menuju rumah sakit di kota masih sulit," ungkap Menkes.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat melantik 261 peserta Nusantara Sehat di Pusat Pendidikan Kesehatan TNI AD, Jl Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (25/11/2016).

261 Tenaga kesehatan yang tergabung dalam program Nusantara Sehat batch 5 nantinya akan ditempatkan di puskesmas daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan terluar serta daerah yang masih memiliki masalah kesehatan. Menkes juga berpesan agar tim Nusantara Sehat bisa memotori pelayan kesehatan di daerah.
Tim Nusantara Sehat batch 5 yang dilantik hari ini (Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth)Foto: M Reza Sulaiman
Tim Nusantara Sehat batch 5 yang dilantik hari ini (Foto: M Reza Sulaiman/detikHealth)

"Tujuan dari program NS (Nusantara Sehat) selain untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan juga mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakkan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi," tutur Menkes Nila lagi.

Baca juga: Begini Tantangan Medan yang Dihadapi Tenaga Kesehatan di Pedalaman Papua

Untuk batch 5 kali ini, sebaran tenaga kesehatan terbilang cukup merata meskipun jumlah dokter masih jauh dari target. Dari 261 peserta, 20 orang merupakan analis laboratorium, 47 bidan, 9 dokter gigi, 7 dokter, 45 perawat, 30 tenaga farmasi, 42 tenaga gizi, 32 tenaga kesehatan lingkungan dan 30 tenaga kesehatan masyarakat.

Terakhir, Menkes menyampaikan agar tenaga kesehatan yang tergabung dalam Nusantara Sehat mampu mengambil pelajaran berharga dan menjadikan kesempatan ini untuk mengabdi sekaligus menimba ilmu.

"Jadikanlah tugas ini sebagai pengalaman dan pengenalan terhadap Indonesia bahwa Indonesia ini negara yang luas, indah dan kaya akan budaya juga tak lupa memiliki masalah kesehatan yang kompleks," tuturnya.

Baca juga: Tugas di Daerah Terpencil, Tim Nusantara Sehat Juga Lakukan Penelitian (mrs/vit)
News Feed