Sabtu, 26 Nov 2016 15:39 WIB

Informasi Penyakit TB Bisa Didapat di Bus Lho

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: dok Transjakarta
Jakarta - Tuberkulosis (TB) adalah salah satu penyakit menular yang perlu diwaspadai. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, informasi tentang TB pun diberikan melalui media bus, yakni bus TransJakarta. Promosi kesehatan ini diharapkan efektif, khususnya bagi mereka yang sehari-hari menggunakan kendaraan umum.

"Kami sangat mendukung langkah Dinas Kesehatan DKI dan Kementerian Kesehatan dalam memberikan edukasi mengenai bahaya penyakit TB pada bus Transjakarta. Saya harap baik pengguna maupun masyarakat di jalan dapat memperoleh informasi cukup agar dapat mencegah penyebaran TB karena penyakit ini berbahaya sekali," ujar Dirut PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono saat menghadiri acara HKN ke-52 di Ancol Lagoon, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (26/11/2016).

Jadi stiker materi edukasi TB dipasang di sejumlah bagian bus. Misalnya di pintu bagian tengah, akrilik dalam bus, dan pegangan tangan untuk penumpang. Pada bagian akrilik ada stiker berisi informasi perkembangan TB di Indonesia. Masyarakat juga diajak untuk mencegah penyebaran TB.

Baca juga: Tertular TB Hewan, Dokter Ini Sempat Bikin Rencana Sisa Hidup

Informasi Penyakit TB Bisa Didapat di Melalui Bus Lho Foto: dok Transjakarta


Ada pula penjelasan cara penyebaran TB melalui gambar batuk serta informasi bahwa penyakit ini bisa mendapat pengobatan gratis di puskesmas. Informasi tentang gejala TB dan etika batuk di tempat umum melalui gambar kartun juga diharapkan memberi penjelasan memadai tentang penyakit ini.

Untuk itu, Dinas Kesehatan DKI akan memberikan edukasi bagi pelanggan Transjakarta di halte-halte yang ramai. "Kita ingin pelanggan mendapatkan informasi yang utuh mengenai apa penyakit TB ini. Selanjutnya mereka dapat menyebarluaskannya kepada teman dan keluarga, sehingga Indonesia bebas TB 2025 dapat terwujud," harapnya.

Informasi Penyakit TB Bisa Didapat di Melalui Bus Lho Foto: dok Transjakarta


Baca juga: Puskesmas-puskesmas Keren di Jakarta: Punya Poli Jiwa dan TB Kebal Obat

(vit/up)