Sabtu, 03 Des 2016 15:34 WIB

Ini yang Perlu Dipahami Sebelum Bersihkan Sisa Makanan di Gigi Pakai Tusuk Gigi

Puti Aini yasmin - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sisa makanan yang tersangkut di celah-celah gigi bisa membuat seseorang tak nyaman. Untuk mengatasinya pun seringkali sisa makanan tersebut dikeluarkan menggunakan tusuk gigi.

Menanggapi hal ini, drg Irayani Queencyputri dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC) mengatakan makanan yang tersangkut biasanya disebabkan celah besar yang ada di antara dua gigi. Menurut wanita yang akrab disapa drg Rara ini, celah yang terbentuk di antara dua gigi bisa terjadi justru karena penggunaan tusuk gigi.

Sebab penggunaan tusuk gigi disebut bisa memengaruhi gusi dan celah di antara dua gigi tersebut. drg Rara menjelaskan, sebab lain adanya celah pada gigi yakni ada celah tidak terlihat di gigi yang berlubang. Nah, celah pada gigi yang berlubang akan sulit diketahui tanpa adanya pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Flossing Sebelum atau Sesudah Menyikat Gigi?

"Jadi disarankan pakai dental floss atau benang gigi untuk membersihkan makanan di sela gigi. Ya memang nggak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiki celah yang besar tapi sebaiknya mengurangi celah biar nggak tambah besar dengan mengurangi pemakaian tusuk gigi," sambung drg Rara.

Dikutip dari Today, terkait dengan waktu penggunaan benang gigi, salah satu juru bicara American Dental Association, Matthew J. Messina mengatakan lebih baik menggunakan benang gigi sebelum menyikat gigi. Ia juga menyarankan untuk menggunakannya sekali dalam sehari untuk meminimalkan kandungan bakteri jahat pada gigi dan mulut.

Baca juga: Hati Jadi Rusak Akibat Tak Sengaja Tertelan Tusuk Gigi

(rdn/vit)
News Feed