Minggu, 11 Des 2016 12:01 WIB

Sekilas Soal Pneumonia, Penyakit yang Dialami Mar'ie Muhammad Sebelum Meninggal

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: AFP PHOTO / AGUS WAHYUDI Foto: AFP PHOTO / AGUS WAHYUDI
Jakarta - Mantan Menteri Keuangan di era Presiden Soeharto, Mar'ie Muhammad, meninggal dunia dini hari tadi. Keluarga menyebut Mar'ie sempat mengidap pneumonia sebelum meninggal.

"Beliau sakit pneumonia, radang paru-paru," tutur putra sulung Mar'ie, Rifkhi, kepada detikcom, Minggu (11/12/2016).

Mantan menteri yang dijuluki Mr. Clean karena kejujurannya ini memang sempat dirawat selama satu bulan di RS Pusat Otak Nasional. Ia juga sempat diberitakan mengalami kelumpuhan, sebelum akhirnya meninggal dengan tenang di usia 77 tahun.

"Tadi malam kesehatannya drop sekali sampai 40 menit beliau kemudian meninggal, Alhamdulillah dimudahkan, tenang dan lancar," kata Rifkhi lagi.

Baca juga: Punya Penyakit Kolik, Dokter Sarankan untuk Lakukan Imunisasi Pneumonia

Pneumonia atau yang dikenal juga sebagai radang paru-paru dikenal sebagai salah satu penyakit infeksi paru-paru yang berbahaya. Risiko kematian terjadi lebih besar pada anak-anak, orang lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Situs WebMD menyebut pneumonia rentan menyerang orang lanjut usia di atas 65 tahun. Komplikasi pneumonia, ditambah dengan riwayat penyakit kronis yang diderita pasien, bisa menyebabkan risiko kematian meningkat berkali-kali lipat.

Penelitian menyebut 5-10 persen pasien pneumonia dewasa meninggal dalam 30 hari setelah terinfeksi. Kematian juga bisa disebabkan oleh bakteremia dan sepsis, kondisi di mana bakteri atau virus yang menyebabkan pneumonia masuk ke dalam darah dan menyebar ke seluruh organ tubuh lain.

Bakteria pneumonia juga bisa masuk ke dalam otak dan menyebabkan meningitis. Pneumonia juga bisa menyebabkan munculnya cairan di antara paru-paru dan dada, yang membuatnya sering dinamakan juga sebagai penyakit paru-paru basah.

Pneumonia sendiri sebagian besar disebabkan oleh bakteri dan virus, dan sebagian kecil disebabkan oleh jamur. Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Legionella pneumophila dan Staphylococcus aureus merupakan jenis bakteri yang diketahui paling rentan menyebabkan pneumonia.

Pencegahan pneumonia sejatinya bisa dilakukan dengan sederhana. Pertama, jauhi kebiasan buruk seperti merokok dan minum alkohol. Kedua, lakukan perilaku hidup bersih dan sehat serta biasakan mencuci tangan pakai sabun.

Baca juga: Mengenal Pneumonia, Infeksi Paru yang Menyerang Hillary Clinton (mrs/vit)