Rabu, 14 Des 2016 10:06 WIB

Mengapa Seseorang Menangis Saat Terharu?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Mengenang sesuatu yang mengharukan bisa membuat seseorang menangis, seperti yang baru-baru ini terjadi dalam persidangan gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ada mekanisme biologis di otak sehingga orang bisa meneteskan air mata.

Dalam artikelnya di The Independent, dr Nick Knight menjelaskan bahwa air mata ada beberapa jenis. Salah satunya air mata yang keluar ketika mengalami emosi yang kuat, baik sedih, marah, maupun bahagia. Ini adalah air mata yang dikenal sebagai 'psychic tears' atau 'crying tears'.

Sama seperti jenis air mata yang lain, psychic tears diproduksi oleh lacrimal system yang terletak di antara kelopak dan bola mata. Ketika ada reaksi emosional, hipotalamus di otak yang terhubung dengan sistem saraf otonom akan memerintahkan kelenjar-kelenjar tersebut untuk memproduksi air mata. Sistem ini bekerja di luar kontrol kesadaran.

Salah satu fakta menarik adalah air mata mengandung senyawa leucine enkephalin, yang merupakan pereda nyeri alamiah. Ini menjelaskan anggapan umum bahwa menangis bisa membuat seseorang merasa lega, lebih nyaman dibandingkan terus-terusan memendam atau menahan perasaan.

Sebuah penelitian terhadap 200 perempuan di Belanda membuktikan bahwa sebagian besar responden merasa lebih nyaman setelah menangis. Namun seperti dikutip dari WebMD, tidak semua orang mengalami hal yang sama. Partisipan dengan skor depresi dan ansietas yang tinggi cenderung justru merasa lebih terpuruk setelah menangis.

Baca juga: Jangan Malu, Ini 5 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Menangis

Foto: thinkstock


Meski demikian, emosi bukan satu-satunya penyebab seseorang menangis. Selain psychic tears, dikenal juga berbagai jenis air mata non-emosional. Di antaranya adalah air mata basal, yang secara terus menerus diproduksi dalam jumlah tertentu untuk menjaga kelembaban bola mata.

Ada pula air mata refleks yang diproduksi untuk mencegah iritasi ketika ada benda asing menempel di bola mata. Fungsinya untuk membasuh partikel debu maupun paparan senyawa lain yang bisa memicu iritasi, termasuk uap sulfur yang membuat mata pedih saat mengupas bawang.

Foto: thinkstock


Baca juga: Tak Selalu Cengeng! Menangis Juga Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan (up/vit)