Aneka Sebab Miss V dan Selangkangan Jadi Gatal Setelah Bercukur

ADVERTISEMENT

Aneka Sebab Miss V dan Selangkangan Jadi Gatal Setelah Bercukur

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 19 Des 2016 08:32 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Bagi wanita yang rutin mencukur rambut kemaluannya, salah satu efek samping bercukur yang sering terjadi adalah rasa gatal di area vagina dan selangkangan. Apa yang sebenarnya terjadi?

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, rasa gatal dapat disebabkan karena bercukur menimbulkan luka. Bisa juga karena alergi terhadap krim yang digunakan untuk mencukur.

Sementara itu, gatal di selangkangan kemungkinan besar adalah karena iritasi kulit akibat teknik cukur yang kurang tepat. Kemungkinan lainnya, gatal tersebut muncul akibat rambut pendek yang baru tumbuh menusuk permukaan kulit.

Baca juga: Kaitan Mencukur Rambut Kemaluan dengan Risiko Infeksi Menular Seksual

"Solusi yang dianjurkan salah satunya biasakan untuk memotong rambut tidak terlalu pendek, sisakan setengah centimeter dari permukaan kulit," tutur dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan tersebut kepada detikHealth.

Untuk pengobatan pertama mengatasi gatal, gunakan krim yang dapat dibeli bebas khusus untuk ruam popok. Setelah iritasi kulit sembuh, umumnya bekas kehitaman nanti akan memudar dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan.

"Perlu diperhatikan bahwa area tersebut adalah daerah sensitif," imbuh dr Eddy.

Baca juga: Saran Dokter Bagi Anda yang Hendak Membersihkan Rambut Kemaluan


(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT