Aih! Bahagianya Bayi Ini Saat Dengar Suara Orang Tuanya Pertama Kali

ADVERTISEMENT

Aih! Bahagianya Bayi Ini Saat Dengar Suara Orang Tuanya Pertama Kali

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Kamis, 22 Des 2016 12:00 WIB
Foto: Facebook
Jakarta - Bayi bernama Archer ini mengalami gangguan pendengaran sedang-berat permanen ketika berusia tiga minggu. Namun kini Archer sudah bisa mendengar dengan jelas suara orang di sekitarnya.

Dilaporkan Daily Mail, setelah menunggu dua bulan, Archer yang lahir pada 28 Oktober 2016 ini akhirnya mendapat alat bantu pendengaran. Momen saat bayi Archer dipasangi alat bantu pendengaran pun diabadikan dalam sebuah video berdurasi 2 menit 53 detik.

Dalam video yang diunggah ke Youtube tersebut, di awal tampak Archer menangis saat dipasangi alat di kedua telinganya. Namun, perlahan tangisnya reda saat ia mendengar suara sang ibu, Taryn Ruiz yang menggendongnya kala itu.

"Hai sobat. Apa yang kamu pikirkan? Kamu bersemangat bisa mendengar suara kami?" tanya Taryn. Archer yang baru pertama kali mendengar suara sang ibu terlihat melotot dan memandang sang ibu dengan sumringah. Ia pun tersenyum.

Aih! Bahagianya Bayi Ini Saat Dengar Suara Orang Tuanya Pertama KaliFoto: Facebook


Baca juga: Bisa Hambat Belajar, Jangan Diamkan Telinga Anak yang Tuli Sebelah

Sang ayah, Drew Ruiz juga bertanya pada Archer yang dibalas dengan senyum serta tawa bahagia bayi tersebut. Orang-orang di ruangan itu juga mengajak Archer berbicara dan menyanyi. Saat melihat senyum bayinya, Drew mengatakan bahwa hari itu adalah hari paling bahagia.

Sejak dipasangi alat bantu pendengaran, Taryn mengungkapkan bahwa Archer begitu bahagia. Tiap diajak berbicara, Archer akan menyunggingkan senyum lebarnya dan itu membuat orang tua serta keluarganya bahagia.

Dikutip dari Epichearing, anak dengan gangguan pendengaran sedang umumnya tidak bisa mendengar suara dengan jelas, kecuali amat dekat dengan jarak kurang dari 0,6 meter. Sementara pada gangguan pendengaran berat, anak tidak bisa mendengar jelas apa yang dikatakan meski dalam jarak amat dekat sekalipun.

Semakin cepat ditangani, kualitas hidup anak akan lebih baik dan mereka bisa belajar berkomunikasi lebih dini. Sampai saat ini, belum ada tindakan medis atau bedah khusus untuk menangani kondisi ini kecuali dengan rehabilitasi, training, dan pastinya penggunaan alat bantu pendengaran.

Baca juga: Anak Tuli atau Katarak karena TORCH, Apa Saja yang Bisa Dilakukan Ortu?

Aih! Bahagianya Bayi Ini Saat Dengar Suara Orang Tuanya Pertama KaliFoto: Facebook


(rdn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT