Jumat, 30 Des 2016 16:33 WIB

Di Tahun 2017, Kemenkes Bersiap Hadapi Kembalinya Ancaman Flu Burung

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto ilustrasi: Istimewa
Jakarta - Penyakit menular yang muncul kembali (re-emerging infectious diseases) adalah penyakit-penyakit menular yang dulu pernah menjadi ancaman besar lalu hilang dan kini mulai muncul kembali. Contoh sepanjang tahun 2016 ada virus Zika yang sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun silam dan kemudian angka infeksinya tiba-tiba saja meledak dimulai dari Brazil.

Menghadapi kasus kemunculan kembali penyakit seperti itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat Direktur Jenderal Pencegahan dan Penularan Penyakit (P2P) dr HM Subuh, MPPM, mengaku sudah bersiap-siap. Fungsi pangawasan terus ditingkatkan dengan akan diresmikannya sebuah pusat operasi epidemiologi yang memantau perkembangan penyakit di dunia selama 24 jam.

Baca juga: Waspada Flu Burung, Korea Selatan dan Jepang Musnahkan Hampir 20 Juta Unggas

Nah terkait hal tersebut salah satu penyakit yang jadi pantauan utama dan dikhawatirkan kembali mengancam di tahun 2017 di Indonesia menurut dr Subuh adalah flu burung.

"Tahun 2016 ini penuh tantangan yang unik banyak penyakit yang kita kira sudah hilang ternyata bisa muncul kembali seperti misalnya Zika. Di tahun 2017 yang paling kita waspadai adalah flu burung," kata dr Subuh ketika ditemui di kantor Kemenkes dan ditulis pada Jumat (30/12/2016).

Flu burung di beberapa negara memang kini mulai kembali jadi ancaman. Korea Selatan, Hong Kong, dan China adalah beberapa negara yang sudah dikonfirmasi mengalami kenaikkan kasus.

"Kita sudah lihat sinyal-sinyalnya membaca tren di negara lain. Kita samakan dengan kondisi di Indonesia," kata dr Subuh.

Baca juga: Flu Burung Mewabah di China, Dua Orang Dilaporkan Meninggal Dunia (fds/vit)