Selasa, 03 Jan 2017 07:35 WIB

Cara Alami untuk Bantu Redakan Batuk: Makan Cokelat

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Saat batuk, sebagian orang kerap mengandalkan bahan alami berupa madu dan lemon untuk meredakan keluhan batuk. Tapi, pakar menyebut cokelat pun tak kalah bermanfaat dalam meredakan batuk lho.

"Cokelat bisa membantu meredakan batuk. Saya tahu mungkin ini terdengar aneh. Tapi sebagai dokter yang sudah bertahun-tahun meneliti mekanisme batuk, saya bisa meyakinkan Anda ada bukti solid soal hal ini," tegas Profesor Alyn Morice, kepala studi kardiovaskular dan pernapasan di University of Hull.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

Morice merujuk sebuah studi di Eropa tentang obat batuk. Disebutkan, dalam dua hari pasien yang mengonsumsi obat batuk dengan kandungan kakao mengalami perbaikan yang signifikan pada keluhan batuknya. Selain itu, mereka juga bisa tidur dengan lebih mudah.

Ditambahkan Morice, ini bukanlah studi pertama yang menunjukkan cokelat bisa meredakan batuk. Sebelumnya, peneliti di London's Imperial College menemukan bahwa theobromine, alkaloid yang terkandung di kakao, lebih ampuh meredakan batuk dibanding kodein, zat umum yang terdapat di obat batuk.

"Kakao memiliki sifat penawar rasa sakit yang berguna mengurangi peradangan atau iritasi. Lalu, meski lebih lengket dari sirup obat batuk, kakao lebih baik dalam membentuk lapisan yang melindungi ujung saraf di tenggorokan yang memicu dorongan untuk batuk," Morice, dikutip dari Daily Mail.

Namun, ia mengingatkan efek ini mungkin tidak akan terjadi ketika Anda mengonsumsi cokelat hangat. Sebab, saat itu kakao tidak 'bersentuhan' langsung dengan tenggorokan dalam waktu cukup lama. Sehingga, Morice lebih merekomendasikan Anda untuk mengunyah sepotong cokelat.

"Jika Anda mengonsumsinya bersama obat batuk, itu akan lebih efektif. Sehingga, saat batuk tak ada salahnya Anda mengonsumsi produk yang mengandung cokelat atau konsumsilah dark chocolate," kata Morice.

Baca juga: Anak Batuk Pilek Plus Napas Cepat? Waspadai Pneumonia (rdn/vit)