Jumat, 06 Jan 2017 15:30 WIB

Toilet Umum di China Meledak, Diduga karena Tak Pernah Dikuras

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Yulin, China - Jangan sepelekan sanitasi toilet publik jika tak ingin celaka. Ketika fasilitas umum tak dirawat dan dijaga dengan baik oleh pengelola, masyarakatlah yang kena akibatnya.

Contoh buruknya terjadi di Yulin, China. Akibat penumpukan gas, sebuah toilet umum meledak dan menewaskan satu orang serta tujuh lainnya harus dirawat di rumah sakit akibat mengalami luka-luka.

Dilansir Mirror, Daily Mail dan beberapa situs berita China, ledakan toilet tersebut terjadi beberapa saat setelah pergantian tahun. Kotoran yang menumpuk di septic tank menyebabkan percampuran gas metana, amonia dan hidrogen sulfida, menghasilkan ledakan yang cukup besar.

Dalam foto yang diambil dari situs Weibo terlihat area bekas toilet berdiri nampak hancur berantakan mirip lokasi ledakan bom atau bencana alam. Selain itu nampak satu mobil dan jalanan yang rusak parah akibat ledakan toilet umum tersebut.

Baca juga: Selain Kotoran Manusia, Benda-Benda Ini Juga Sering 'Nyasar' di Septic Tank

Dugaan sementara, toilet umum meledak akibat septic tank yang tak pernah dikuras. Padahal menurut pakar, septic tank idealnya dikuras setiap dua tahun sekali. Tidak menguras septic tank menimbulkan risiko penumpukan kotoran yang bisa saja menyebabkan ledakan.

Selain itu, septic tank yang kepenuhan sangat rawan bocor. Kebocoran tersebut tak hanya mencemari sumur air dan tanah warga. Septic tank yang bocor juga tentunya akan mengalir ke got atau saluran air, yang tentunya akan bermuara ke sungai.

Eko Saputro selaku Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar Dirjen P2PL Kemenkes menekankan bahwa kotoran yang mencemari sungai dan mata air mengandung banyak bakteri, kuman, dan virus, terutama E coli. Saat mencemari lingkungan, pastinya bisa menimbulkan bahaya kesehatan.

Seperti diketahui E.coli menjadi salah satu penyebab diare. Menurut data Unicef tahun 2013, kurang lebih 152.000 balita meninggal setiap tahun di Indonesia akibat diare.

"Maka perlu penanaman pemahaman yang lebih baik lagi terkait pentingnya saluran pembuangan air limbah yang baik. Termasuk juga penerapan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan cuci tangan pakai sabun," tutur Eko beberapa waktu lalu.

Baca juga: Rumus 'Wiro Sableng' untuk Jernihkan Limbah Septic Tank


(mrs/vit)