Senin, 16 Jan 2017 11:30 WIB

Kisah Anak Pasien Kanker dan 'Hadiah' Berharga dari Tukang Sampah

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Angie Everson
Jakarta - Siapa saja bisa memberi bantuan untuk anak pasien kanker. Termasuk dua tukang sampah bernama Olsen dan Fritz. Meski bantuannya bisa dibilang sederhana, itu amat berharga bagi Rosie, bocah 4 tahun yang mengidap kanker ginjal serta keluarganya.

Ibu Rosie, Angie Evenson mengatakan sang putri didiagnosis kanker ginjal di bulan Semptember 2016. Selama ini, setiap hari Kamis Rosie dan dua saudaranya, Grace (5) dan Sopshia (2) selalu melihat Olsen dan Fritz jika sedang mengambil sampah.

"Mereka akan berhenti dari apa yang dilakukan lalu berlari ke jendela. Mereka melihat Olsen dan Fritz kemudian mereka saling melambaikan tangan. Bahkan, kami pun tak tahu nama mereka," kata Angie kepada Today.

Karena Rosie harus menjalani kemoterapi dan radioterapi, Angie dan suaminya Aaron memutuskan untuk pindah rumah. Tapi, Olsen dan Fritz tetap bertugas mengambil sampah di daerah itu. Bahkan, mereka sempat berkunjung ke rumah baru Angie dan memberi Rosie serta saudaranya bingkisan.

"Anak kami Rosie didiagnosis kanker ginjal stadium 4. Untuk itu, kadang di hari Kamis kami akan ke RS. Tapi, jangan ragu untuk melihat ke arah kami. Jika kami ada, anak-anak pasti akan melambaikan tangannya ke arahmu seperti biasa," demikian tulis Angie dalam suratnya.

Membaca informasi dari Angie, Olsen merasa sedih dan ia mengajak Fritz untuk menghadap atasan mereka. Di hadapan Mike Johnson, general manager Hometown Sanitation, Oslen dan Fritz mengajukan ide supaya jatah jasa pengambilan sampah gratis mereka diberikan pada keluarga Rosie.

Baca juga: Waspadai 4 Gejala Berkembangnya Kanker pada Ginjal Anak

Johnson setuju. Menurutnya meski hal itu terlihat sepele, tapi setidaknya bisa membantu keluarga Rosie. Akhirnya, Oslen dan Johnson berkunjung ke rumah Angie dan dia memberi surat pemberitahuan bahwa keluarga Angie mendapat jasa pengambilan sampah gratis selama 1 tahun dari Hometown Sanitation.

"Apa yang mereka lakukan adalah aksi kecil tapi bisa memberi kekuatan untuk kami. Semua orang berkata bahwa kami amat kuat. Tapi kami justru merasa lemah. Nah, bantuan kecil seperti ini malah membuat kami merasa kuat dan tidak sendiri menghadapi apa yang dialami Rosie," kata Angie.

Kisah Anak Pasien Kanker dan 'Hadiah' Berharga dari Tukang SampahFoto: Angie Everson via Today


Foto surat pemberitahuan dari Hometown Sanitation ini juga diunggah Angie di halaman Facebook-nya.

"Mereka memberi tahu saya bahwa sebagai karyawan, mereka mendapat layanan pengambilan sampah gratis dan mereka minta hak mereka diberikan kepada saya selama 1 tahun. Saya benar-benar terharu dan mengucapkan terima kasih. Bantuanmu benar-benar berarti. Terima kasih Brandon dan Taylor," tulis Angie dalam keterangan foto.

Si kecil Rosie rencananya akan menjalani terapi sampai bulan Juni mendatang. Untuk membantu biaya pengobatan Rosie, keluarga juga menggalang dana melalui situs Go Fund Me dan sampai saat ini sudah terkumpul dana kurang lebih Rp 318 juta.

Memang, kadang bantuan yang terlihat sepele justru menjadi hadiah berarti bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit seperti kanker. Bahkan bagi keluarga Rosie, bantuan berupa jasa pengambilan sampah gratis selama setahun saja benar-benar berharga.

Baca juga: Dukungan Sosial Jadi Kunci Kesuksesan Terapi Kanker Payudara

(rdn/vit)