Rabu, 18 Jan 2017 18:01 WIB

5 Kemungkinan Penyebab Seseorang Telanjang Ke Luar Rumah

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Foto: Situs Youtube
Jakarta - Beredarnya video dan foto seorang wanita yang naik motor telanjang di Pontianak membuat heboh netizen. Wanita yang diketahui bernama Rusmiati alias Dona tersebut terlihat mengendarai motor tanpa busana menuju Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Bara.

Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Suhadi mengatakan saat ini Dona sudah diamankan dan dalam pengawasan dinas sosial setempat. Namun wanita asal Sukabumi, Jawa Barat, tersebut hingga kini masih belum bisa dimintai keterangan.

"Setelah diperiksa, dia ini stres berat. Dia ini suka ketawa sendiri, suka melamun, tidak merespons. Sekarang kita serahkan ke dinas sosial untuk dipulihkan kondisinya," imbuh Suhadi, dikutip dari detiknews.

Soal mengapa seseorang bisa keluar rumah dengan tanpa busana, dr Andri, SpKJ dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, mengatakan penyebabnya bermacam-macam. Sebagian besar di antaranya memang bentuk dari gangguan jiwa, namun ada perbedaan antara gangguan jiwa satu dengan yang lain.

"Misalnya dia skizofrenia yang penilaian realitanya sudah terganggu. Dia keluar rumah telanjang tanpa sadar. Berbeda dengan seseorang yang eksibisionis, di mana dia sengaja telanjang di depan orang lain untuk mendapatkan kepuasan atau rasa senang," tutur dr Andri.

Lalu, kira-kira apa saja ya gangguan jiwa dan masalah kejiwaan yang menyebabkan seseorang ke luar rumah tanpa busana? Dirangkum detikHealth, berikut 5 di antaranya: (mrs/up)