Jumat, 20 Jan 2017 18:00 WIB

Nyeri di Salah Satu Bahu, Apa Sebabnya?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pernah merasakan nyeri di salah satu bahu yang memburuk saat tubuh sedang lelah? Duh, pasti mengganggu ya. Kira-kira apa penyebabnya?

Keluhan nyeri di salah satu bahu ini dilontarkan pemilik akun Twitter @RhenaDiah. Dia mengaku bahu sebelah kirinya terasa linu tertusuk saat cuaca dingin atau capek. Soal ini, dr Frandy Susatia, SpS yang merupakan spesialis saraf dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk berusaha menjawab.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memicu Nyeri Leher

Kata dr Frandy, nyeri di bahu kiri ini memang tidak boleh diabaikan. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh beberapa hal. Akan tetapi beberapa keluhan datang akibat dari hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

"Bisa karena kram otot bahu. Terjepitnya sendi bahu karena radang ataupun karena digunakan pada posisi yang sama secara terus menerus, misalnya main handphone/komputer," terang dr Frandy .

Maka dari itu lakukanlah dengan cermat terhadap sesuatu yang berhubungan dengan penyebab sakit bahu sebelah kiri. Jika memang dibutuhkan terapi pengobatan maka sebaiknya pilih yang paling efektif sehingga proses penyembuhan bisa lebih dioptimalkan.

"Lakukan latihan peregangan otot bahu, jika tidak membaik maka segera konsultasikan ke dokter," anjur dokter berkacamata ini.

Baca juga: Bagi Pekerja Kantoran yang Duduk Terlalu Lama, Ini Saran untuk Anda

Terkait kebanyakan main handphone secara berlebihan, juga bisa memicu nyeri pada pergelangan dan jari tangan. Kondisi semacam ini disebut carpal tunnel syndrome) yang merupakan bagian dari gejala cedera regangan berulang-ulang.

Sindrom ini diakibatkan karena saraf median pada pergelangan tangan yang terus-menerus tertekan yang berakibat akan terasa nyeri, mati rasa, dan kesemutan. Saraf median merupakan saraf yang terentang antara lengan bawah dan telapak tangan di dalam lorong karpal.

Perlu dipahami, terlalu lama menggunakan handphone bisa memicu ketegangan atau stres pada saraf dan otot ibu jari. Seringnya mengulang-ulang gerakan dapat menyebabkan cedera. Selain itu juga dapat menyebabkan tendinitis pada jari dan pergelangan tangan serta arthritis sendi pada ibu jari. (hrn/vit)