Sabtu, 21 Jan 2017 08:06 WIB

Agar Manfaatnya Maksimal, Begini Cara Konsumsi Madu yang Benar

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Madu adalah bahan pangan yang sudah sejak dulu umum digunakan sebagai obat. Kandungan nutrisinya yang unik membuat potensi madu hingga kini masih terus digali peneliti.

Nah bagi individu yang benar-benar ingin merasakan manfaat madu secara maksimal, Kepala Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKMT) Makassar Dr dr Anna Khuzaimah mengatakan ada tips cara mengonsumsinya.

Menurut dr Anna pertama adalah dengan mengonsumsi madu dengan dicampur air putih hangat atau dingin terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar madu jadi lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh.

"Kalau orang pakai madu dicampur-campur untuk mengambil manisnya saja sebetulnya boleh. Ada manfaat dari nutrisinya tetapi tentu akan ada beberapa yang tidak terabsorbsi dengan baik. Kalau memang mau memaksimalkan fungsi madu pakai air putih," kata dr Anna ketika ditemui detikHealth dan ditulis pada Sabtu (21/1/2017).

Baca juga: 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Selain itu lebih jauh dr Anna menyarankan juga agar madu dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Fungsinya sekali lagi supaya nutrisi dapat diserap maksimal karena berinteraksi dengan enzim di perut.

"Kalau minum saat perut kita terisi penuh itu tidak akan maksimal. Karena madu jadi tidak akan berinteraksi penuh dengan enzim di perut," kata dr Anna.

"Telan pelan-pelan, dikulum, supaya cairan madu dapat melapisi seluruh saluran cerna. Kalau di luar negeri pasien radioterapi suka diberi madu supaya luka di mulut dapat cepat sembuh," pungkas dr Anna.

Baca juga: Saat Bayi Baru Lahir Menangis Terus, Bolehkah Memberinya Madu? (fds/vit)
News Feed