Rabu, 25 Jan 2017 07:01 WIB

Lemak dalam Seporsi Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Kandungan lemak dan minyak jahat yang tinggi pada makanan bisa merusak sistem metabolisme. Dalam makanan yang cukup populer sehari-hari pun, kandungan minyaknya bisa memicu diabetes.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian di Journal of Clinical Investigation. Penelitian tersebut melibatkan 14 laki-laki sehat berusia 20-40 tahun, yang sebagian diberi asupan minyak dan sisanya hanya minum air putih.

Porsi minyak yang diberikan pada kelompok pertama memiliki kandungan lemak jenuh yang setara dengan 8 slice pepperoni pizza atau cheeseburger 110 gram yang disajikan bersama dengan kentang goreng.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penumpukan lemak langsung terjadi pada kelompok yang mengonsumsi minyak. Akibatnya, terjadi penurunan sensitivitas insulin, yakni hormon yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah.

Baca juga: Waduh, Roti dan Kentang Juga Bisa Memicu Kanker?

Pengamatan juga menunjukkan adanya peningkatan kadar trigliserida, salah satu komponen lemak tubuh yang berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Demikian juga dengan fungsi hati, terjadi perubahan yang mengarah pada risiko penyakit perlemakan hati.

"Seporsi makanan seperti itu mungkin akan cukup untuk memicu resistensi insulin sementara dan berdampak pada metabolisme hati," kata Prof Michael Roden dari German Diabetes Centre yang melakukan penelitian itu, seperti dikutip dari Medicalnewstoday.

Baca juga: Studi: Latihan Angkat Beban Bisa Bantu Pangkas Risiko Diabetes

(up/vit)