ADVERTISEMENT

Jumat, 27 Jan 2017 14:31 WIB

Dibanding Olahraga Sendiri, Ini Kelebihan Saat Gabung Klub Kebugaran

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Bergabung ke sebuah klub kebugaran terkadang butuh biaya ekstra sehingga banyak yang memilih olahraga sendiri. Namun penelitian membuktikan, olahraga bersama di klub juga memberikan manfaat ekstra.

Para ilmuwan dari Iowa State University mengungkap hal itu setelah mengamati 405 relawan sehat dalam penelitiannya. Sebagian telah bergabung dengan klub kebugaran sekurangnya selama 30 hari, dan sisanya tidak terdaftar di klub manapun dalam 3 bulan terakhir.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa relawan yang bergabung dengan klub kebugaran rata-rata berolahraga selama 484 menit tiap pekan. Seperti dikutip dari Health.com, relawan yang berolahraga sendiri hanya mencatatkan rata-rata 137 menit tiap pekan.

Rekomendasi organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebut angka 150 menit tiap pekan untuk olahraga dengan intensitas sedang, atau 75 menit tiap pekan untuk olahraga dengan intensitas lebih tinggi.

Baca juga: Asal Kuat Ngos-ngosan, Olahraga Super Singkat Ini Diklaim Sangat Bermanfaat

Tidak hanya lebih rajin berolahraga, relawan yang bergabung di klub kebugaran juga memiliki derajat kesehatan yang lebih baik. Indikatornya antara lain denyut jantung saat istirahat (resting heart rate) yang lebih rendah, kesehatan kardiorespiratori yang lebih tinggi, serta lingkar pinggang yang lebih ramping.

Namun harus diakui pula, ada sebagian orang yang bergabung dengan klub kebugaran tetapi tetap tidak olahraga. Sebaliknya, tidak sedikit orang yang berolahraga sendiri dan dengan komitmen kuat bisa sangat disiplin menjalani kegiatan rutin tersebut.

Baca juga: Duduk 10 Jam Sehari Bikin Sel Tubuh Menua 8 Tahun Lebih Cepat (up/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT