ADVERTISEMENT

Senin, 30 Jan 2017 11:02 WIB

Kurap di Area Selangkangan

Gatal di Selangkangan Wanita, Cek ke Dokter Kulit atau Kandungan?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Munculnya gatal di selangkangan bisa disebabkan salah satunya oleh tinea cruris atau infeksi jamur. Nah, ketika gatal muncul di selangkangan para wanira, kadang timbul kebingungan: baiknya cek ke dokter kulit atau dokter kandungan ya?

Kebingungan ini pernah dialami salah satu pembaca detikHealth, Rana. Awalnya, gatal muncul di bagian selangkangannya dan coba-coba saja Rana memeriksakan diri ke dokter kulit. Benar saja, diagnosis tinea cruris pun ia dapatkan.

"Saya coba-coba aja ke dokter kulit. Saya pikir toh kurang tepat konsulnya, paling dirujuk ke obgyn kan. Tapi ternyata pilihan saya tepat dan benar saja, saya didiagnosis tinea cruris," tutur Rana.

Keluhan yang ia rasa yakni gatal dengan sensasi terbakar di area selangkangan. Terlebih dalam kondisi berkeringat, rasa gatal makin menjadi. Setelah periksa ke dokter dan diberi obat, keluhan perlahan menghilang. Meskipun, dikatakan Rana masih ada bercak hitam akibat menggaruk area yang gatal.

"Saya kontrol tiga kali. Setelah itu dianjurkan untuk mengganti celana dalam kalau keringetan, biar nggak lembap. Atau minimal dilap pakai tisu kalau area selangkangannya berkeringat. Karena badan saya gemuk, dokter juga nyaranin untuk nurunin bobot sih, he he he," tambahnya.

Baca juga: 7 Penyebab Gatal di Selangkangan Pria

Selain itu, Rana juga dianjurkan mengganti merek pembalut yang selama ini dipakainya. Sebab, ia merasa gatal bertambah parah saat haid dan mengenakan pembalut tersebut. Menurut sang dokter, memang bisa saja satu merek pembalut yang sudah lama dipakai menimbulkan iritasi dan memperparah gatal yang timbul akibat tinea cruris.

Terkait kebingungan yang bisa dirasa pasien saat merasa gatal di selangkangan, salah satunya karena tinea cruris, dr Eddy Karta SpKK dari EDMO Clinic Jakarta Selatan mengatakan walaupun sama-sama disebabkan jamur, tinea cruris tidak menyebabkan keputihan. Bila pasien hanya gatal selangkangan lebih tepat bila ke dokter spesialis kulit.

"Bila ada gatal selangkangan dan keputihan maka kemungkinan sakitnya ialah candidiasis dan buka tinea cruris. Pasien dapat memilih ke SpKK atau SpOG. Sebaliknya, bila dokter SpKK melihat kasus infeksi kelamin yang luas dan sampai mengganggu organ reproduksi dalam misalnya nyeri panggul atau perut bawah tentu akan meminta evaluasi organ kandungan dari dokter SpOG juga," kata dr Eddy dalam perbincangan dengan detikHealth.

Ia menambahkan, sebelum sampai ke SpKK atau SpOG, pengobatan dan diagnosis tinea cruris termasuk kompetensi dokter umum. Sehingga, jika tidak ada faktor penyulit maka pengobatan yang tuntas dengan dokter umum akan dapat menyelesaikan masalah ini.

Baca juga: Aneka Sebab Miss V dan Selangkangan Jadi Gatal Setelah Bercukur


(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT