Rabu, 01 Feb 2017 11:36 WIB

Kapan Wanita Menopause? Ini Bisa Dicek dari Usia Haid Pertamanya

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Tingkat kematangan reproduksi pada wanita ditentukan dari hari pertama ia merasakan menstruasi. Ada yang baru haid saat memasuki usia remaja, ada yang lebih cepat.

Menariknya, usia menstruasi pertama ini ternyata berkaitan dengan kapan mereka memasuki masa menopause.

Hal ini terungkap dari hasil penelitian terbaru yang dilakukan peneliti University of Queensland. Untuk studi ini, peneliti menganalisis data dari 51.450 wanita menopause yang berasal dari Inggris, Skandinavia, Australia dan Jepang. Masing-masing diminta melaporkan usia haid pertama dan jumlah anak mereka.

Secara umum, 2 persen responden dilaporkan mengalami menopause prematur dan 7,6 persen mengalami menopause dini.

Menopause prematur adalah ketika seorang wanita berhenti haid sebelum berusia 40 tahun, sedangkan wanita dianggap mengalami menopause dini (early menopause) jika berhenti mendapatkannya di usia antara 40-44 tahun.

Namun peneliti juga menemukan sejumlah responden yang mendapatkan haid pertamanya sebelum berusia 12 tahun dan tidak memiliki keturunan. Peneliti mengungkap, 5,2 persen dari mereka mengalami menopause prematur dan 9,9 persen melaporkan menopause dini.

Artinya, wanita yang sudah menstruasi sebelum usianya genap 12 tahun dan tidak mempunyai anak berpeluang lima kali lebih besar untuk mengalami menopause prematur. Mereka juga berisiko merasakan menopause dini sebesar dua kali lipat.

Baca juga: Kondisi Ekonomi Keluarga Pengaruhi Masa Pubertas Anak Perempuan

Ketua tim peneliti, Gita Mishra mengatakan, kedua aspek ini adalah indikator penting dari kesehatan reproduksi seorang wanita. Namun selama ini keterkaitan keduanya dengan kesehatan wanita secara menyeluruh jarang mendapatkan perhatian.

"Untuk itu kami merasa hasil studi ini bisa memberi kami kesempatan untuk memonitor dan melakukan intervensi jika seorang wanita mengalami masalah seperti kegagalan fungsi ovarium atau menopause dini," katanya seperti dilaporkan Livescience.

"Akan tetapi karena datanya berdasarkan laporan mandiri, ada kemungkinan responden lupa mengingat usia pertamanya saat haid, sehingga mungkin kami harus menggali lagi tentang keterkaitan antara pengaruh genetik dan lingkungan terhadap usia pertama wanita saat haid dan kemudian menopause," lanjut Gita.

Baca juga: Kebiasaan Makan Daging Picu Menstruasi Pertama yang Lebih Cepat (lll/up)
News Feed