Selasa, 21 Feb 2017 08:00 WIB

Daftar Lagu yang Bisa Bikin Olahraga Makin Semangat

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Dengan iringan lagu yang tepat, olahraga bakal lebih semangat dijalani. Lantas lagu seperti apa yang pas? Yuk simak daftar lagu yang direkomendasikan peneliti.

Pakar psikologi olahraga dari Brunel University, Dr Coastas Karageoghis, menuturkan memutar musik saat olahraga bisa membantu meningkatkan motivasi sehingga seseorang bisa berpikiran positif ketika berolahraga. Selain itu intensitas serta semangat latihan juga jadi lebih tinggi.

Tapi menurut Karageoghis bukan sembarang musik lho ya. Musik yang bisa memotivasi olahraga adalah musik dengan beat yang tepat. Jadi secara bertahap, harus meningkat beats per minute (BPM)-nya dari tahap pemanasan hingga intensitas yang lebih tinggi.

Untuk pemanasan, sebaiknya menggunakan musik dengan 85 BMP. Lalu perlahan meningkat. Untuk memudahkan, Karageorghis sudah menyusun daftar musik yang bisa Anda dengarkan selama berolahraga.

Dikutip dari NBC, untuk pemanasan, Karageorghis memilih lagu yang relatif tenang yakni Just Like Fire yang dinyanyikan P!nk. Irama lagu ini cukup lambat yakni 82 BPM.

Lagu selanjutnya adalah 24K Magic yang dinyanyikan Bruno Mars, di mana lagu ini memiliki 107 BPM. Disusul kemudian dengan Adventure of a Lifetime yang dibawakan Coldplay. Lagu ini memiliki 112 BPM yang pas untuk olahraga dengan intensitas rendah.

Baca juga: Agar Olahraga Bisa Maksimal, Cobalah Putar Genre Lagu Ini

Daftar lagu berikutnya adalah Too Good yang dinyanyikan Drake feat. Rihanna dengan 118 BPM. Berlanjut lagu Cake by the Ocean yang dibawakan DNCE dengan 119 BPM.

Ketika latihan sudah memasuki tempo sedang, lagu yang dirasa cukup pas adalah Move Your Body yang dinyanyikan Sia, karena memiliki 128 BPM. Nah, ketika intensitas sudah paling tinggi atau maksimal, ritme lagu paling pas adalah Runnin yang dibawakan Pharrell Williams, dengan 137 BPM.

Di fase pendinginan, musik yang paling pas adalah yang bertempo lambat. Karageorghis memilih Mercy yang dinyanyikan Shawn Mendes, dengan 74 BPM. Kemudian sesi latihan perlahan ditutup dengan This Town yang dibawakan oleh Niall Horan. Lagu dengan 56 BPM ini cukup menenangkan untuk mengakhiri sesi latihan.

Baca juga: Ditemani Musik, Orang-orang Sibuk Bisa Konsisten Lakukan HIIT

Agar lebih simpel, berikut ini daftar lagu yang bisa Anda contek untuk membuat sesi olahraga lebih semangat dan menyenangkan:

1. Just Like Fire oleh P!nk
2. 24K Magic oleh Bruno Mars
3. Adventure of a Lifetime oleh Coldplay
4. Too Good oleh Drake feat. Rihanna
5. Cake by the Ocean oleh DNCE
6. Move Your Body oleh Sia
7. Runnin oleh Pharrell Williams
8. Mercy oleh Shawn Mendes
9. This Town oleh Niall Horan. (vit/vit)