Senin, 27 Feb 2017 10:00 WIB

Kayu Manis dan Manfaatnya untuk Pasien Diabetes

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Th Foto: Th
Jakarta - Salah satu herba yang diyakini bisa mengatasi diabetes adalah kayu manis. Sebenarnya apa saja sih kandungan dalam kayu manis yang bermanfaat luar biasa itu?

"Kayu manis merupakan bahan alam yang dapat membantu mengatasi diabetes, karena komponen yang ada pada kayu manis seperti Cinnamaldehyde," terang ahli herba, dr Abrijanto SB, MSi dalam diskusi tentang Herbana, brand suplemen herbal terbaru dari PT Deltomed Laboratories.

dr Abrijanto menambahkan kulit kayu manis mengandung 65 hingga 80 persen Cinnamldehyde. Sementara kandungan Eugenol-nya adalah 5 hingga 10 persen. Pada daun kayu manis, kandungan Cinnamldehyde adalah 1 sampai dengan 5 persen, sedangkan Eugenol-nya antara 70 hingga 95 persen. Nah, berbagai penelitian yang ditulis di jurnal sudah banyak yang menguliti manfaat kandungan ini.

"Eugenol dan Cinnamaldehyde dapat meningkatkan kualitas dari insulin sehingga insulin dapat bekerja mengantarkan gula ke dalam sel," imbuh dr Abrijanto.

Baca juga: Mahasiswa UGM Olah Daun Sukun untuk Bantu Turunkan Kolesterol

Dokter berkacama ini menyebutkan dari penelitian diketahui kayu manis berpotensi bisa mengurangi penyerapan glukosa sesudah makan dengan menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Potensi lainnya adalah menghambat memecahan gula, serta meningkatkan sirkulasi insulin.

Eugenol pada kayu manis juga menunjukkan aktivitas antioksidan. Dari penelitian juga menunjukkan kayu manis memiliki efek anti-mikrobial terhadap beberapa macam jenis bakteri.

Meski kayu manis punya sejumlah manfaat, namun dr Abrijanto mengingatkan agar tidak mengonsumsi secara berlebihan. Karena pada beberapa orang dapat menyebabkan gangguan hati, apalagi jika sebelumnya yang bersangkutan sudah punya masalah hati. Menurutnya, agar tidak berlebihan sebaiknya mengonsumsi kayu manis yang sudah diolah, sehingga diketahui benar aturan pakainya.

Baca juga: Lemak dalam Seporsi Makanan Ini Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

(vit/vit)
News Feed