Senin, 27 Feb 2017 15:32 WIB

Supaya Nutrisi Mi Instan Bertambah, Tambahkan Asupan Ini Ya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: detikFood
Jakarta - Mi instan seringkali disebut-sebut memiliki kandungan nutrisi yang minim. Maka dari itu, saat mengonsumsi mi instan Anda pun dianjurkan untuk menambahkan asupan bergizi lainnya.

Salah satunya disampaikan oleh nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, yakni sayur-sayuran. Anda juga bisa menambahkan menu protein seperti telur. Namun sebaiknya hindari protein yang tidak terlalu bernutrisi seperti kornet.

"Kalau bisa bumbunya dipakai setengah saja supaya tidak terlalu asin. Bisa juga gunakan kaldu ayam buatan sendiri sebagai bahan dasar kuahnya," ujar Victoria kepada detikHealth.

Baca juga: Masak Mi Instan dan Bumbu Bersamaan Bisa Picu Kanker?

Pakar nutrisi Jansen Ongko, Msc, RD membenarkan bahwa campuran bahan lain yang mengandung vitamin, mineral dan serat bisa memberikan nutrisi ekstra saat Anda mengonsumsi mi instan. Sayuran yang bisa Anda pilih di antaranya wortel, sawi, tomat dan lain-lain. Anda juga dapat menambahkan sumber protein seperti telur, ikan, tempe, dan daging.

"Tujuannya adalah agar bukan hanya kebutuhan energi saja yang terpenuhi, melainkan kebutuhan protein, vitamin, lemak, dan serat juga terpenuhi," imbuh Jansen.

Hal serupa juga pernah dituturkan oleh Dr Marudut, MPS dari Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI). Menurutnya, cara sehat menyantap mi instan bisa dilakukan dengan menambahkan bahan makanan lain dalam mi tersebut. Tujuannya, agar seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi.

"Mi kan bahan utamanya karbohidrat. Kalau dikonsumsi seperti itu nggak baik dan harus berdasakan pedoman gizi seimbang, yaitu ada variasi makanan. Kan ada gambar saran penyajian. Bisa tambahkan sayur dan telur, itu harus diikuti," imbuhnya.

Baca juga: Makan Mi Instan Berkuah, Baiknya Pakai Air Panas Baru atau Sisa Rebusan?


(ajg/up)