Rabu, 01 Mar 2017 11:02 WIB

Mitos atau Fakta?

Makan Kepiting Campur Madu Bisa Bikin Keracunan?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Madu merupakan salah satu asupan sehat yang sering diklaim sebagai 'superfood'. Namun demikian, banyak pula informasi yang menyebutkan ada efek bahaya bagi tubuh jika madu dikonsumsi berbarengan dengan makanan lain. Salah satunya dengan kepiting.

Dalam sebuah broadcast message yang baru-baru ini beredar, disebutkan bahwa konsumsi madu dan kepiting bersamaan bisa menimbulkan keracunan. Dikatakan pula bahwa konsumsi madu dengan teh dapat mengganggu kerja sistem pencernaan. Bahkan info lain menyebutkan konsumsi madu dan bawang merah bisa merusak mata.

Menanggapi hoax ini, pakar nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD menjelaskan bahwa informasi-informasi tersebut tidak ada yang benar. Tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi madu dan makanan tertentu dapat merusak organ tubuh.

Baca juga: Benarkah Minum Madu Setelah Makan Buah Pir Bisa Bikin Keracunan?

Menurutnya, sampai saat ini justru banyak ahli kesehatan yang setuju apabila madu dijuluki dengan 'superfood' karena berbagai nutrisi dan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

"Mengenai konsumsi madu dengan teh yang dapat mengganggu pencernaan, serta info lain bahwa madu dan susu kedelai juga tidak baik bagi pencernaan, itu sangat tidak tepat. Madu justru dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan karena memiliki sifat antibakteri," ujarnya kepada detikHealth.

Madu juga bersifat mudah dicerna, sehingga baik dan aman untuk dikonsumsi semua kalangan, termasuk anak-anak. "Madu bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik," imbuhnya.

Baca juga: Setelah Makan Manggis Dilarang Minum Minuman Bergula?


(ajg/vit)
News Feed